Rabu, 01 Februari 2017

Pemkot Ajak Masyarakat Bitung Sukseskan Tulude

Bitung – Iven upacara adat Tulude dalam beberapa tahun ini menjadi salah satu iven yang rutin digelar Pemkot setiap tahun.


Budaya masyarakat Nusa Utara kembali diprakarsai Pemkot bekerjasama dengan Ikatan Kekeluargaan Sangihe Sitaro dan Talaud (IKSSAT) untuk digelar di Lapangan Kantor Walikota Bitung, Rabu (01/02/2017).

Perayaan Tulude tahun ini bekal menganugrahi gelar adat kepada Wakil Walikota (Wawali) Bitung, Maurits Mantiri sebagai Bataha Lahansang Malintoi yang berarti emimpin yang arif dan bijaksana.

Sedangkan Walikota Bitung, Max Lomban sendiri telah menerima gelar adat Bataha Darame Nusa.

Terkait pelaksanaan Tulude, Walikota menyampaikan, pagelaran adat Tulude tahun 2017 harus dipersiapkan dan dilaksanakan sebaik mungkin sehingga hakekat utama Tulude sebagai upacara pengucapan syukur kepada “Mawu Ruata Ghenggona Langi” atau Tuhan yang Mahakuasa atas berkatNya kepada umat manusia selama setahun dapat dimaknai oleh masyarakat Kota Bitung dengan baik.

Sedangkan Wawali sendiri menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bitung untuk mensukseskan pagelaran adat tulude ini sebagai bentuk ucapan syukur, kebersamaan dan toleransi antar suku agama di Kota Bitung. beritamanado.com

1 komentar: