Sabtu, 18 Juni 2011

Bimtek Pengelolaan Portal Info Publik Wilayah Timur Indonesia

Perkembangan teknologi  informatika komunikasi yang sedemikian ketat telah membawa dampak positif dalam era peningkatan  kinerja dari berbagai kegiatan yang dilakukan, hampir semua sektor telah menggunakan peralatan  teknologi informatika mulai dari sektor transportasi, perdagangan, pertanian, ekonomi, manufaktur, pemerintahan, kesehatan hingga pertahanan. Kemajuan teknologi informatika tidak lagi mengenal batas-batas negara, berbagai transaksi ekonomi perbankan hingga komunikasi tetap muka dengan siapa saja dibelahan bumi manapun secara mudah dan cepat sudah dapat berlangsung dengan sentuhan teknologi informasi.
Setiap informasi dibelahan bumi manapun dalam sekejap dapat diketahui oleh seluruh masyarakat dunia. Sehingga tidak berlebihan bila ketergantungan manusia terhadap teknologi informasi sudah sangat tinggi dan hal ini sudah menjadi kebutuhan utama dalam setiap  aktifitas manusia. Demikian dikatakan Walikota Manado G.S Vicky Lumentut yang diwakili Sekretaris Kota Manado Harold BB Monareh, SH.Msi dalam sambutannya ketika membuka kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek)Pengelolaan Portal Info Publik yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementrian Komunikasi dan Informatika RI.
Senada dengan itu, Dra. Sri Wuryatni, MM. salah satu Tenaga Ahli Ditjen IKP mengatakan siapa yang menguasai informasi, menguasai dunia. Karena data menjadi informasi, informasi menjadi knowledge dan knowledge menjadi kebijakan. Oleh karena itu para pengelola Media Center diharapkan dapat menjadi penyeimbang untuk setiap informasi yang beredar yang kadangkala tidak mengenakkan bagi pemerintah.
Tujuan diadakannya bimtek ini adalah untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilan tim pengelola Media Center daerah dan membangun jaringan antar Media Center daerah dan Media Center yang dikelolah oleh DIRJEN IKP Kementrian Komunikasi dan Informatika RI, demikian dikatakan oleh Hypolitus Layanan, MAP. Ketua Panitia Bimtek.
Bimtek yang terselenggara atas kerjasama DIRJEN IKP Kemkominfo RI dan Pemerintah Kota Manado ini diikuti sekitar 35 daerah se-wilayah Timur Indonesia antara lain Propinsi Gorontalo, Papua Barat, NTT, Bali, Sulsel, Sultra, dll. Dari Sulut sendiri diikuti oleh beberapa daerah termasuk  pengelola Media Center Dinas Kominfo Kota Bitung. Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Quality Manado ini akan berlangsung selama dua hari, Jumat 17 sampai Sabtu 18 Juni 2011. (MC-Btg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar