Senin, 11 Juni 2012

Menkominfo Membuka Rakornas Kominfo 2012

Rapat Koordinasi Tingkat Nasional Bidang Komunikasi dan Informatika (Rakornas Kominfo) 2012 resmi dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, Hotel Sahid, Jakarta, Senin (11/6).
Rakornas yang diikut oleh jajaran Kominfo Pusat dan daerah, serta Dinas-Dinas Komunikasi dan Informatika dari seluruh Indonesia.
Dalam amanatnya Menteri Kominfo Tifatul Sembiring, mengatakan pengembangan infrastruktur di bidang komunikasi dan informatika baik untuk jaringan backbone maupun jaringan akses telah menyerap investasi, diperkirakan untuk capital expenditure (Capex), investasi bisa mencapai 6 miliar USD pertahun.
"Menyadari hal itulah, Kemkominfo berinisiatif untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dengan Universal Service Obligation (USO)," katanya
Tantangan lain, lanjut Menkominfo yang dihadapi oleh Indonesia adalah masih rendahnya keterkaitan antar wilayah yang ditunjukkan dengan masih rendahnya ketersediaan infrastruktur di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya di wilayah timur Indonesia masih
kurang memadai.
Menurutnya pengembangan infrastruktur Indonesia perlu difokuskan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah, hal ini ditunjukan untuk mengurangi biaya transportasi dan biaya logistik sehingga dapat mendorong daya saing serta mempercepat distribusi produk.
Dalam kesempatan tersebut Menkominfo, mengatakan dengan mengangkat topik tentang Konektivitas Nasional ini dalam Rakornas ini, dihimbau seluruh jajaran kemkominfo untuk tanggap dan aktif berperan dalam segala permasalahan terkait konektivitas di seluruh daerah di Indonesia yang juga diharapkan dapat didiskusikan bersama dalam forum rakornas ini.
Saya berharap peserta Rakornas Kominfo 2012, mendapati forum ini sebagai media untuk mendiskusikan dan memformulasikan solusi bersama terhadap masalah konektivitas yang ada dan menjadikannya momentum untuk dapat mempererat koordinasi, kemitraan, dan hubungan kerjasama yang selama ini telah terbangun dengan baik.
Dalam pembukaan Rakornas Kominfo 2012, selain diikut oleh jajaran Kominfo pusat dan daerah, juga dihadari Mendagri, Menteri Pertanian, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Kepala Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat (UP4B), Menteri Perdagangan, Kepala BNPB, Para Gubernur, Walikota, Bupati, dan Para Pejabat eselon I, II dilingkungan Kemkominfo.kominfo.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar