Rabu, 20 Juni 2012

BPK Puji Upaya Bitung Raih WTP

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulut mengaku salut dengan upaya Pemkot Bitung dalam meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Bitung Tahun Anggaran 2011. Hal ini disampaikan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sulut, Rochmadi Saptogiri ketika menyerahkan berita acara LHP BPK ini dilaksanakan di Aula BPK Perwakilan Provinsi Sulut di Manado, Selasa (19/6).
“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas usaha yang dicapai Pemkot Bitung sehingga boleh meraih opini WTP. Selamat kepada segenap jajaran Pemkot Bitung dari Walikota, Wakil Walikota, Sekkot dan seluruh staf yang telah bekerja luar biasa dalam mewujudkan laporan keuangan pemerintah daerah yang benar-benar dapat dipertanggungjawabkan dan memenuhi aturan kewajaran serta standar akuntansi pemerintahan,” kata Saptogiri.
Ia juga mengaku bangga melihat Pemkot Bitung sangat responsif memenuhi tindak lanjut rekomendasi BPK dalam perbaikan-perbaikan pada LHP tahun-tahun  sebelumnya. “Ini membuktikan Pemkot Bitung sangat peduli dengan transparansi dan akuntabilitas
pengelolaan  dan tanggung jawab keuangan negara,” katanya.
Sementara itu Sondakh dalam sambutannya mengatakan bahwa peran BPK dalam melakukan pemeriksaan sangatlah membantu pemerintah daerah lebih khusus pejabat pengelolah keuangan dalam memahami dan menguasai tugas pekerjaan berkaitan dengan penataan dan pengelolaan keuangan. Sekaligus menjadi sarana berkomunikasi yang efektif guna pencapaian tujuan organisasi.
“Semua ini dapat kami peroleh dan ketahui serta melakukan perbaikan-perbaikan atas saran dan pertimbangan dan BPK,” kata Sondakh.
Lebih lanjut Sondakh berterima kasih kepada semua pihak yang membantu sehingga Pemkot Bitung bisa mencapai hasil tertinggi dalam pemeriksaan LHP. Serta Gubernur Sulut, Sinyo Harry Sarundajang yang memberi motivasi, semangat dan nasehat dalam meraih hasil ini.
“Tak lupa juga apresiasi dan terima kasih kami berikan kepada BPK RI Perwakilan Sulut, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP Sulut) dan Bapak Praseno Hadi, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Pemprov Sulut yang banyak membantu dalam mewujudkan informasi laporan keuangan pemerintah daerah yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan,” katanya.
Sondakh didampingi Wakil Walikota, Max Lomban, Ketua DPRD, Santy Gerald Luntuang,  Asisten IV Bidang Keuangan dan Aset, Petrus Tuange, Kabag Keuangan, Frangky Sondakh dan beberapa Kepala SKPD. Beritamanado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar