Rabu, 12 Oktober 2011

Peringati HUT Kota Bitung, Dispar dan Possi Gelar Upacara di Laut

Kota yang memiliki puluhan spot diving yang tersebar di sepanjang ikut ditonjolkan dalam peringatan HUT Kota Bitung ke-21. Dimana Dinas Parawisata (Dispar) Kota Bitung bersama Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (Possi) Kota Bitung menggelar upacara bendera di dasar laut , Selasa (11/10).
Upacara ini sendiri diikuti oleh Wakil Walikota, bersama 50 penyelam yang berasal dari Kota Bitung dan Kota Manado. Sebelum penyelaman dilakukan, Lomban dalam sambutannya mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan upacara bawah laut sebagai wujud kecintaan kepada lingkungan terutama alam bawah laut serta dalam rangka HUT Bitung yang ke- 21.
“Dengan mencintai laut, akan ada motifasi bagi masyarakat umum khususnya generasi muda, untuk mencintai laut bukan malah sebaliknya,” kata Lomban.
Ditambah lagi menurut Lomban, Kota Bitung merupakan pintu masuk bagi parawisata, sehingga akan memiliki upaya untuk menciptakan daerah ini sebagai tujuan wisatawan. Dan ia berharap masyarakat tidak membuang sampah ke laut, sehingga kelestariannya bisa bertumbuh hingga sampai pada anak cucu.
“Karunia Tuhan dengan segala kelebihan, kiranya dapat dipelihara sebaik-baiknya, untuk anak cucu kita kelak,” katanya seraya mengatakan, upacara bawah laut bukanlah kegiatan gagah-gagahan atau sombong-sombongan karena biaya ini sangat mahal, tapi sebagai wujut cinta kepada alam.
Dalam proses penyelaman sendiri, Lomban yang direncanakan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) diurungkan atau batal akibat peralatan yang digunakannya tidak nyaman. Mengingat ketika ia terjun ke permukaan laut, menggunakan peralatan diving lengkap bersama peserta lainnya, tiba-tiba alat yang digunakannya mengalami trable. Bahkan sempat bertukar regulator dengan salah satu instruktur, namun masih dirasakan ketidaknyamanan.
Akibatnya, posisinya sebagai Irup digantikan Ketua Dewan Instruktur Penyelam Nasional, Reky Lasut. Ikut hadir dalam kegiatan ini Ketua Dharma Wanita Kota Bitung, Khouni Lomban Rawung, Anggota DPRD Kota Bitung, Sumisan Sundana, Kadis Dispar, Fery Bororing, Possi Kota Bitung, KPLP, Kepolisian, Angkatan Laut, Mahasiswa, unsur media dan masyarakat.(en) Beritamanado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar