Jumat, 02 Maret 2012

Padi Ladang Bitung Mulai Membuahkan Hasil

Upaya Pemkot Bitung untuk bisa memproduksi padi ladang mulai membuahkan hasil. Buktinya, Rabu (29/2), Wakil walikota Bitung, Max Lomban didampingi Wakil Ketua TP PKK, Ny Khouni Lomban Rawung melakukan panen perdana padi ladang di kelurahan Kota Bitung Barat Dua yang dikelolah kelompok tani Bersehati.
Disamping melakukan panen perdana, komoditi unggulan sekaligus komoditi pokok masyarakat Indonesia ini, Lomban juga mencanangkan program Maesa menanam tahun 2012 untuk komoditi padi ladang.
Menurut Camat Maesa, Sifry Mandak, kecamatan Maesa telah memprogramkan setiap kelurahan memiliki kebun padi ladang. Baik yang dikelolah Pala dan RT ,maupun kelompok tani.
“Dan target untuk tahun 2012 kurang lebih 12 ha di delapan kelurahan, dan saat ini melalui kelompok tani Bersehati kelurahan Kota Bitung Barat Dua kita akan memanen padi ladang dengan luas lahan 2 ha,” kata Mandak.
Sementara itu, Lomban dalam sambutanya memberikan apresiasi dan bangga kepada
pemerintah dan masyarakat kecamatan Maesa terutama kelurahan Bitung Barat Dua yang kreatif dan inovatif memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam. Padahal menurutnya, kecamatan Maesa merupakan daerah kecamatan yang berada di pusat Kota Bitung namun punya keinginan untuk memanfaatkan lahan pertanian yang ada.
“Walaupun terbilang kecil dibandingkan dengan kecamatan lain yang memiliki luas wilayahn pertanian yang lebih besar, ini merupakan motivasi bagi kecamatan yang lain untuk memanfaatkan lahan pertanian terutama lahan tidur,” kata Lomban.
Ia sendiri mengajak masyarakat untuk manfaatkan setiap lahan kosong dengan menanam guna membantu penyediaan stok pangan karena krisis pangan diberbagai belahan dunia memberikan pengaruh bagi seluruh manusia termasuk kita disini untuk berupaya mencukupi kebutuhan pangan.(en) Beritamanado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar