Kamis, 20 Desember 2012

Polres Bitung Gelar Pasukan Jelang Natal

Jajaran kepolisian resort (polres) Bitung menggelar rapat dengan seluruh perwiran di operation room lantai 2 guna membicarakan kesiapan pihaknya menghadapi perayaan Natal dan tahun baru, Rabu (19/12).

Dipimpin langsung oleh Kapolres Bitung AKBP Harvin Raslin, direncakanan pihak Polres Bitung akan menggelar gelar pasukan sebagaimana presentase yang dilakukan oleh Kabag Ops Kompol Yosep Krisbianto dihadapan Kapolres dan para Perwira. “Gelar pasukan rencanannya akan dilangsung pada tanggal (21/12) di pusat kota Bitung dengan menlibatkan seluruh personil Polres Bitung unsur TNI, tokoh masyarakat,
tokoh agama serta instansi terkait lainnya,” kata Krisbianto.

Dalam gelar pasukan nanti pihaknya tengah mempersiapkan Wali kota Bitung Hanny Sondakh sebagai inspektur upacara. “Nanti pak walikota akan mengecek secara langsung kesiapan pasukan yang akan melakukan pengamanan di Kota Bitung jelang dan sesudah perayaan Natal dan Tahun Baru,” tambahnya. Dijelaskannya usai menggelar gelar pasukan menyambut Natal dan Tahun baru, pihaknya juga akan melaksanakan operasi Lilin dengan sejumlah sasaran yang menjadi prioritas untuk ditindak. “Seperti senjata tajam, orang, lokasi atau tempat, barang atau tempat dan kegiatan yang dilakukan oleh warga,” tambahnya.

Lanjutnya dalam operasi lilin nanti pihaknya akan mementuk 3 ploton yang bertugas melakukan operasi rayon yang akan mobile menjaga keamanan dan ketertiban. “Mereka nantinya akan melakukan pengaman pada tanggal (25/12) dan tanggal (1/1/2013) serta saat warga tengah melakukan silaturahmi atau pasiar,” tuturnya. Terpisah Kapolres Bitung AKBP Harvin Raslin menuturkan gelar pasukan yang akan dilakukan polres Bitung bersamaan dengan gelar pasukan yang akan dilaksanakan oleh Polda Sulut. “Ya, memang waktunya bertepatan, selanjutnya untuk operasi lilin sudah dirapatkan dengan Kapolda Sulut Selasa kemarin,” tutur Raslin.

Menurut mantan Kapolres Talaud dalam operasi yang akan dilakukan oleh pihaknya akan mendapat dukungan dan partisipasi darui seluruh jajaran polres Bitung dalam mengamankan Natal dan Tahun baru. “Perlu adanya peran serta dari semua pihak untuk melakukan operasi lilin dalam upaya mengamankan perayaan Natal,” tandasnya.  Seperti yang diwartakan sebelumnya jajaran polres Bitung akan mengerahkan 346 personil yang akan menempati sejumlah pos pam yang telah dipersiapkan.

Pos pam yang disiapkan Polres Bitung sendiri berada di Patung Kuda Manembo-nembo, pusat kota Bitug, pasar Winenet dan kawasan pelabuhan samudera Bitung. Sementara itu untuk 346 personil yang dipersiapkan akan disebar ke 106 geraja yang ada di Bitung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar