Jumat, 07 Desember 2012

Wartawan Bitung Gelar Ibadah Pra Natal

Sejumlah awak media yang melakukan peliputan di Bitung melaksanakan Ibadah menyambut Natal Pers Bitung di ruang lantai IV kantor wali kota Bitung, Jumat (7/12). Dalam ibadah tersebut bertindak sebagai kadim Pdt Marini Bee MTeol yang mengambil pembacaan Alkitab pada Zakaria 8:14-19, mengaitkan khotbanya dengan profesi wartawan dalam kesehariannya mencari berita.

"Bukan hanya pendeta saja yang disebut pembawa kabar kebenaran dan kenabian, tapi
wartawan pun demikian," kata Marini.

Dia mengharapkan agar wartawan dapat melakukan kehendak Tuhan, seperti yang tertuang dalam perintah dan harus dilakukan dalam bicara katakanlah yang benar kepada sesamamu, berilah keputusan pengadilan yang adil dan yang membawa damai, janganlah merencanakan yang jahat terhadap sesamamu, janganlah mengucapkan sumpah palsu, ku benci kepada dusta dan ketidakadilan serta kekerasan. "Seperti halnya sosok Hermes si pembawa berita, dimana pada jaman dahulu dia melakukan segala hal untuk memberikan pesan berita dan kabar kebenaran kepada semua orang," tambahnya.

Pun demikian dengan wartawan yang saat ini melakukan tugasnya sebagai pembawa berita baik lewat media on line, cetak maupun elektronik, dapat mengungkapkan kebenaran. "Jadi tidak harus memilah siapa dan bagaimana orang yang akan diambil sumber berita, tapi kebenaranlah yang harus diberitakan, karena itulah yang diinginkan," tuturnya dalam kotbanya kemarin malam.

Dijelaskannya perkataan dan beritakan kebenaran jika itu benar dan katakan salah lewat kebenaran berita. "Jangan hanya karena dendam pribadi atau kelompok, sehingga berita yang disampaikan tidak berimbang," pesannya sembari berharap wartawan dalam moment Natal bisa mengintropeksi diri dan tetap mengedapankan kebenaran dalam pemberitaan.

Sementara itu wakil wali kota Bitung Max Lomban yang didaulat membawakan pesan Natal mengharapkan semua komponen dapat bersama-sama membangun Kota Bitung dan memaknai Natal lewat perubahan sikap positif menuju pembangunan. "Kalian juga memiliki peran penting untuk pembangunan iman dan pembangunan didaerah ini," kataLomban.

Terpisah Wilson Wonte mewakili wartawan Biro Bitung dalam pesan natal menekankan agar wartawan menjadi media penghubung bagi semua komponen dan dapat membina kerukunan bersama. "Kiranya wartawan dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik dan benar, berdasarkan pedoman dan ketentuan yang ada," kata Wilson. Di akhir ibadah  dilaksanakan pembagian bingkisan dan diakonia kepada beberapa petugas kebersihan dan anggota Satpol PP Bitung. Tribunmanado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar