Rabu, 13 April 2011

DKP Evaluasi Program Minapolitan


Keseriusan pemerintah pusat menjadikan Bitung sebagai daerah minapolitan terus dimantapkan, kalau tahun yang lalu pembahasan masih sekitar pembentukan kelompok kerja atau pokja, kali ini melalui rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan pengembangan minapolitan berbasis perikanan tangkap.

Acara yang digelar di Balai Pertemuan Umum kantor walikota Bitung, selasa, 12 April 2011, pembahasannya telah di tingkatkan pada skala yang lebih besar. Untuk menunjang program Minapolitan, Departemen Kelautan dan Perikanan mempersiapkan dukungan anggaran serta rekomendasi dan perundang – undangan.

“Pada tahun 2012, kawasan Minapolitan bagi kota Bitung sudah terwujud, karena daerah ini layak untuk menjadi kawasan minapolitan bersama 8 kota / kabupaten lainnya, ” kata Dirjen Perikanan Tangkap Dedi Sutisna.

” Bitung merupakan daerah yang unik, memiliki potensi perikanan yang bagus, serta secara geo-strategi berada di bibir Pacific,” tambahnya.

Untuk menunjang program tersebut, Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono berencana membangun 6 koridor atau wilayah percepatan ekonomi di Indonesia. Di Pulau Suilawesi Kota Bitung dipilih menjadi salah satu koridor percepatan ekonomi, sehingga program Minapolitan akan menjadi program utama di kawasan percepatan ekonomi.

Walikota Bitung Hanny Sondakh menyambut baik perkembangan yang telah dicapai oleh pokja, oleh sebab itu pemerintah kota Bitung akan memaksimalkan seluruh potensi dengan melibatkan instansi terkait, anggaran yang cukup, lahan, sumber daya manusia serta melibatkan stakholder demi terwujudnya Bitung menjadi kawasan minapolitan. Sondakh yang didampingi oleh wakil walikota M.J. Lomban mengusulkan agar dalam kawasan minapolitan dibangun pos kesehatan bagi nelayan dan rumah pintar yang mendapatkan suport seluruh peserta yang hadir. hal ini sejalan pula dengan presentasi oleh ketua pokja minapolitan Bitung Drs. Edison Humiang, MSi selanjutnya menjadi bagian dari rumusan hasil rakor yang akan ditindaklanjuti pada rakor yang akan diselenggarakan di Ambon Maluku, pada Juni 2011.

Hadir pada acara ini para kepala daerah yang terdiri dari walikota Ambon Drs. Markus Jacob Papilaja, MS. Bupati Pacitan H.Sujono, wakil bupati Sukabumi Akhmad djajuli, para utusan pemda Ternate, Bangka, Medan dan Cilacap. jajaran kementerian kelautan dan perikanan RI yang terdiri kepala badan pengembangan SDM Prof. Sjarif, Direktur pengembangan usaha penangkapan ikan Bambang Sutedja, seluruh kepala pelabuhan perikanan se – Indonesia, kepala dinas perikan sulut Ir. Joy Korah, pengusaha perikanan dan perbankkan. (www.bitungnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar