Selasa, 26 April 2011

Umat Tridharma Bitung Rayakan Hut Dewi Penolong

Umat Tridharma Kota Bitung merayakan kelahiran Dewi Thia Sang Seng Bo yang dipercayai sebagai ibu suci langit pertama. Perayaan yang digelar secara terbuka ini sendiri dilaksanakan di Klenteng Seng Bok Kiong Bitung yang dihadiri sejumlah pejabat dan Muspida serta masyarakat kota Bitung.
“Peringatan hari kelahiran Dewi Thia Sang Seng Bo ini hanya diselenggarakan
sebatas umat klenteng saja, namun perayaan tahun ini bertepatan imlek
2562-03-23, jadi kami buat secara meriah dengan mengundang pemerintah dan Muspida serta masyarakat kota Bitung ,” kata Pendeta Klenteng Seng Bok Kiong Rolly Ciwulusan.
Menurut Ciwulusan, perayaan yang mereka gelar tidak perlu ada persetujuan para dewa seperti prosesi yang dilakukan untuk perayaan Cap Go Meh. Mengingat perayaan untuk ulang tahun salah satu dewi yang dihormati umat Tridharma karena kebaikan dan suka menolong rakyat jelata.
Sementara itu, Wakil Walikota Bitung Max Lomban yang membuka acara tersebut mengatakan, kalau perayaan ini adalah wujud persaudaraan keturunan Tionghoa di Bitung. Terbukti dengan undangan kepada pihak pemerintah dan masyarakat kota Bitung untuk bersama-sama merayakan acara tersebut.
“Selama ini warga keturunan Tionghoa sudah banyak membantu pembangunan di Bitung dan Pemkot Bitung mengucapkan banyak terima kasih atas kontribusi warga keturunan untuk pembangunan,” tukas Lomban. (en) beritamanado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar