Selasa, 26 April 2011

Peningkatan Ketrampilan Jelang Marpolex 2011

Untuk lebih mempersiapkan peserta yang akan mengikuti kegiatan Marine Pollution Exercise (Marpolex) 2011 di Manila Bay Phillipine tanggal 4 – 6 Mei 2011 Dirjen Perhubungan Laut kembali menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk Pre Exercise (Peningkatan Ketrampilan) Marpolex 2011.

Penyelengaraan Marpolex 2011, sedikit berbeda dengan penyelenggaraan Marpolex pada tahun-tahun sebelumnya, karena Tim dan Unsur RI yang akan terlibat pada Marpolex Manila Bay, akan lebih dahulu mengikuti Pre Exercise (Peningkatan Keterampilan) berupa Manuvra di Laut yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 April 2011 di Perairan Pelabuhan Bitung.

Pre Exercise (Peningkatan Keterampilan) Marpolex 2011 dilaksanakan dalam 3 (tiga) rangkaian kegiatan yakni pembekalan materi (teori kelas), table top exercise dan manuvra di laut. Pembekalan materi akan disampaikan oleh para Narasumber dari Instansi terkait yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan yang sama dari para peserta Marpolex dalam penanggulangan pencemaran baik dalam latihan maupun ril kenyataan.

Peserta akan dibekali dengan materi yang terkait dengan pengetahuan dalam operasi pengamatan dan pengamanan, pemadaman kebakaran, pencarian dan pertolongan, penanggulangan tumpahan minyak dan penanggulangan dampak tumpahan minyak. Semua materi tersebut akan diujicoba pada Marpolex 2011 di Perairan Pelabuhan Bitung maupun di Manila Bay.

Selain pembekalan materi, peserta juga akan mengikuti table top exercise yang meliputi latihan kering dan latihan komunikasi yang dilakukan untuk menguji dan melatih peserta dalam melakukan komunikasi dan kerjasama sesuai dengan skenario dan rencana operasi yang telah disusun.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Laut yang diwakili oleh Kadiv Navigasi Kls.1 Bitung, Tiop Gomoz, Senin 25 April 2011 lalu dalam pembukaan kegiatan pre exercise (Peningkatan Keterampilan) Marpolex 2011 di Nalendra Hotel, Bitung.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 4 hari ini ( 25-28 April) ini diikuti oleh berbagai pihak antara lain KPLP, Kantor Adpel, AL, SAR, Pertamina, Pelindo, KP3, KLH, Perhub, dan Kominfo serta beberapa SKPD di Pemkot Bitung. (MC-Kominfo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar