Senin, 25 April 2011

Kapal Pengangkut Minyak Tabrakan di Selat Lembeh

Tabrakan kapal terjadi di Selat Lembeh. Dimana kapal MT. Merak yang memuat 50 ribu ton minyak menabrak KM Anggrek yang sedang berlabuh, menyebabkan lambung kapal robek dan tumpahan minyak ke laut, serta korban 6 awak terjun kelaut.
Namun berkat kesigapan satuan unit/pelaku exercise kota Bitung, tumpahan minyak dapat diatasi sebelum menyebar dan 6 awak kapal berhasil diselamatkan.
Itulah skenario pre exercise pada tanggal 28 April nanti yang akan dimulai pukul 09.12 di pelabuhan Bitung, dalam rangka Persiapan pelaksanaan Marine Polution Exercise (MarPolEx) 2011 di manila Bay Philipina.
“Jadi dalam rapat yang digelar Adpel dalam rangka persiapan pelaksanaan MarPolEx 2011 di manila Bay Philipina disepakati skenario tersebut,” kata Kadis Kominfo Kota Bitung, Fabian Kaloh, SIP. Msi.
Selain membahas skenario, menurut Kaloh dalam rapat yang digelar sejak jam 8 pagi hingga sore Kamis (21/04), di Adpel Bitung ini, juga membicarakan tentang uraian tugas masing-masing satuan unit/pelaku exercise. Seperti satgas pengamatan, satgas kapal musibah, satgas pengamanan. Juga satgas oil spill recovery, satgas SAR, satgas fire fighting, satgas pembersihan pantai dan satgas Media.
“Rapat yang dipimpin langsung oleh OSC Capt Mozes Karaeng dihadiri oleh berbagai pihak sperti, KPLP, ktr adpel, AL, Kes pelab, SAR, Pertamina, Pelindo, KP3, KLH, Perhub, dan Kominfo serta beberapa SKPD Pemkot terkait,” kata ADPEL Bitung Asmari, SH, MH.(en) beritamanado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar