Jumat, 18 November 2011

165 Kabupaten/Kota Berebut ICT Pura 2011

Jika Kementerian Lingkungan Hidup memiliki penghargaan Adipura untuk memilih kota terbersih, maka Kementerian Komunikasi dan Informatika punya gawean yang kurang lebih sama. 
Namanya ICT Pura, yaitu ajang memperebutkan penghargaan di bidang ICT bagi pemerintah daerah. Untuk tahun 2011, ICT Pura diikuti oleh 165 kabupaten/kota.
Kepala Humas dan Pusat Informasi Kementerian Kominfo, Gatot S. Dewa Broto menjelaskan, ICT Pura adalah gerakan yang melibatkan pemangku kepentingan di bidang TIK untuk memetakan serta menghitung indeks kesiapan kabupaten-kabupaten dan kota-kota di Indonesia dalam menghadapi era masyarakat digital yang berbasis TIK. 
Inisiatif baru ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika No. 194/KEP/DJPPI/KOMONFO/07/2011 tentang Tim Pelaksana Program ICT Pura. 
"Program ICT Pura didorong atas kebutuhan yang mendesak bagi pemerintah untuk segera memiliki suatu kumpulan data indikator di bidang TIK yang lengkap, termutakhir dan terukur hingga ke tingkat kabupaten/kota," kata Gatot, dalam keterangannya, Senin (7/11/2011). 
"Urgensi program ICT Pura juga memiliki keterkaitan kuat terhadap komitmen pemerintah Indonesia untuk memenuhi 10 sasaran World Summit on Information Society (WSIS) 2015," imbuhnya.
Kementerian Kominfo menilai indeks yang merepresentasikan tingkat kesiapan TIK dan tantangan yang dialami tiap-tiap daerah sebagai sesuatu yang penting. Alhasil, apa yang terpaparkan nantinya dapat menjadi masukan bagi kelengkapan kebijakan dan regulasi yang dibuat, maupun program-program yang dilaksanakan.
Di antaranya untuk menemukenali perbandingan distribusi infrastruktur ICT antar daerah, mengukur efektifitas kebijakan dan regulasi yang telah diterapkan dalam rangka mendorong perkembangan ICT nasional, memantau kemajuan pengembangan ICT yang dicapai daerah dalam periode tertentu, dan lainnya.
"Kementerian Kominfo percaya bahwa hasil dari program ICT Pura akan bernilai strategis yaitu tidak semata -mata untuk dipergunakan oleh internal lembaga, namun indikator-indikator yang menggambarkan kondisi TIK di Indonesia yang akan dicari dan dipergunakan oleh berbagai lapisan pemangku kepentingan," lanjut Gatot. 
ICT Pura pun diharapkan dapat menghasilkan berbagai multiplier effect yang mendorong berkembangnya TIK di kabupaten-kabupaten dan kota-kota di Indonesia. 
Hanya saja untuk mencapai impian tersebut, langkah pertama yang harus ditempuh adalah mengumpulkan berbagai indikator yang mampu mengukur kebutuhan dan keselarasan, kesiapan suprastruktur, infrastruktur dan masyarakat serta menemukenali manfaat yang diperoleh.
Metodologi pengukuran yang diadopsi oleh Tim Pelaksana Program ICT Pura diklaim mengambil referensi dari berbagai standar internasional dan data-data yang dikumpulkan akan melalui tahapan-tahapan validasi untuk menjaga kredibilitasnya. 
Adapun prinsip penghitungan indeks yang akan mempengaruhi hasil penilaian dan pemeringkatan dalam ICT Pura antara lain: ICT Use, ICT Readiness, ICT Capability, dan ICT Impact. 
Sementara tahapan program ICT Pura ini akan berupa kegiatan pemetaan entitas ICT yang berlangsung pada 27 Oktober - 21 November 2011, yang meliputi: training of trainers provinsi, pendampingan survei ke 165 kabupaten/kota, dan rekapitulasi data survei kabupaten/kota. 
Tahap berikutnya berupa penghitungan indeks ICT Pura pada 22 November - 5 Desember 2011, yang meliputi: rekapitulasi data survei nasional, penghitungan indeks ICT Pura, penetapan penghargaan ICT Pura, dan penyusunan dokumen indeks ICT Pura. Adapun pemberian penghargaan ICT Pura direncanakan pada 6 Desember 2011.
 ( ash / fyk ) kominfo.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar