Senin, 14 November 2011

Bitung Kembali Raih Kota Sehat

Upaya masyarakan dan Pemkot Bitung untuk mempertahankan salah satu kota sehat di Indonesia tidak sia-sia. Pasalnya, Senin (14/11) nanti, Pemkot Bitung diundang ke Jakarta mewakili masyarakat Kota Bitung untuk menerima penghargaan Swasti Saba Wistara.

Menurut Ketua Forum Kota Sehat Bitung, Maurits Mantiri, Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan tertinggi pada penilaian Kota Sehat yang akan diterima Kota Bitung nanti. “Sebelumnya Kota Bitung telah berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Padapa pada 2006 serta Swasti Saba Wiwerda 2008 dan kali ini penghargaan Swasti Saba Wistara di 2011 ini,” kata Mantiri.

Mantiri sendiri menjelaskan, penghargaan ini diterima setiap dua tahun sekali, dan beruntung Kota Bitung bisa meraih penghargan untuk ketiga kalinya yaitu Swasti Saba Wistara di 2011. Dan hal ini tidak lepas dari upaya masyarakat Kota Bitung untuk ikut berpartisipasi dalam meraih penghargaan tersebut.

Sementara itu, rencana penerimaan penghargaan Swasti Saba Wistara ini muncul kabar tidak enak. Dimana, sejumlah komponen yang terlibat langsung dalam proses penilaian Kota Sehat, tidak diikutsertakan dalam penerimaan tersebut.

“Entah kenapa, sejumlah Kepala Puskesmas yang sejak awal berlelah dalam proses ini, tidak diikutsertakan dalam proses penerimaan penghargaan tersebut,” kata salah satu sumber yang meminta identitasnya dirahasiakan.

Lebih parah lagi menurutnya, mantan Kepala Dinas Kesehatan, dr Ellen Wuisan dan Koordinator Forum Kota Sehat, Ir Jems Rompas juga tidak ikut dalam penerimaan penghargaan tersebut. “Malah yang pergi ke Jakarta adalah sejumlah staf pada Dinas Kesehatan yang tidak berkopeten dalam kegiatan tersebut,” katanya.(en)Beritamanado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar