Selasa, 17 Januari 2012

Bitung Tunggu Mobil Pelayanan Internet Kecamatan dari Kemenkominfo

Kepala Dinas Kominfo Kota Bitung AH Tumbelaka mengatakan Bitung masih akan menunggu bantuan mobil pusat pelayanan internet kecamatan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi RI melalui pemerintah Provinsi Sulut.

"Bitung akan memperoleh satu unit dari 20 unit kendaraan jenis Toyota melalui penyerahan langsung dari pemerintah provinsi oleh Gubernur," kata Tumbelaka kepada sejumlah wartawan diruang kerjanya, Selasa (17/1).

Menurutnya bantuan satu unit yang diajukan pemkot Bitung masih akan dipertimbangkan untuk memperoleh lebih dari unit untuk dipergunakan secara gratis sebagai pusat pelayanan internet langsung kepada masyarakat. "Dari hasil konsultasi dengan kementerian kominfo mobil tersebut sudah diserahkan secara simbolis kepada Provinsi Sulut dan Bitung telah diwakili oleh mantan Kepala Dinas Kominfo yang lalu Fabian Kaloh dan masih akan menunggu penyerahan langsung secara keselurahan di 15 kabupaten kota di Sulut," tuturnya.

Dijelaskannya untuk oprasional kendaraan tersebut sepenuhnya akan ditangani oleh pihak ketiga yaitu Telkom cabang Bitung baik pengelolaannya maupun masalah teknis pada kendaraan. "Mulai dari biaya oprasional, BBM, kerusakan, serta semua yang berhubungan dengan pemakaian kendaraan tersebut," ujarnya.

Saat akan dipergunakan pihak telkom bersama dengan Dinas Kominfo Bitung akan diberi jadwal secara bergilir di delapan kecamatan yang ada di Bitung dalam mempergunakan mobil tersebut.

"Wilayah yang akan dijangkau sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan dinas kominfo Bitung," tambahnya. Lanjut Tumbelaka setelah dikelola oleh pihak ketiga selama tiga sampai empat tahun barulah akan dihibahkan kepada pemerintah kota Bitung bersama dengan semua kabupaten kota yang ada di provinsi Sulut sesuai dengan kebutuhan dan luas wilayah masing-masing kabupaten kota yang ada.

"Seperti Bitung bisa memperoleh lebih dari satu karena luas wilayahnya besar," tandasnya. Sementara itu dari amatan Tribun Manado keberadaan kendaraan yang dilengkapi dengan antena parabola, dan berwarna biru telah terparkir lama di pelabuhan ferry Peteten Bitung. "Mobil ini tidak tau mau dipergunakan untuk apa karena sudah hampir dua minggu diparkir di tempat ini," kata seorang buruh pelabuhan ferry.(crz) Tribunmanado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar