Selasa, 28 Februari 2012

Bitung Sangat Layak Dijadikan Kawasan KEK

Pemerintah Pusat terus memantau kesiapan Kota Bitung menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di wilayah Indonesia Bagian Timur.
Sejak tahun 2011 lalu, Bitung terus dipantau kesiapannya oleh Pemerintah Pusat khususnya Kementerian terkait.
Bahkan Pemerintah Pusat melalui Menteri PPN/Kepala Bappenas, Armida S Alisjahbana, turun langsung melihat kesiapan Bitung dengan mengunjungi sejumlah lokasi yang akan dijadikan KEK seperti Kelurahan Tanjung Merah Kecamatam Matuari.
Tidak hanya itu, beberapa waktu yang lalu Pemerintah Pusat juga mengirim Dewan Nasional KEK untuk memantau langsung kesiapan Bitung.
Bersarkan penilaian dan tanggapan dari Dewan Nasional KEK pada kunjungan waktu itu, mereka menyatakan bahwa Bitung memiliki peluang yang sangat besar dan menjanjika bukan hanya KEK tetapi juga dapat dikembangkan menjadi Kawasan Industri serta Kawasan Internasional Hub Port ( IHP ).
Kali ini, Senin (27/02) dua orang petinggi dari Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian yang didampingi langsung Wakil Gubernur Sulut DR. Jouhari Kansil. MPd, berkunjung ke Kota Bitung.
Kedua petinggi tersebut, yakni Wakil Menteri Perdagangan RI, Bayu Krisnamurthi dan Wakil Menteri Perindustrian, Alex S.W. Retraubun.
Kedatangan kedua Wakil Menteri tersebut ke Kota Bitung disambut Walikota Hanny Sondakh dan Wakil Walikota M.J Lomban SE.MSi.
Wakil Walikota Bitung M.J Lomban SE.MSi pada kesempatan tersebut, selain  mendampingi mereka melihat langsung lahan yang dipersiapkan menjadi KEK di Tanjung Merah dan Pelabuhan Bitung, juga dipercayakan Walikota untuk mempresentasikan secara umum kesiapan Bitung di BPU Kantor Walikota.

Baik Krisnamurthi maupun Retraubun mengakui bahwa, Bitung sangat layak menjadi Kawasan Ekonomi Khusus karena didukung dengan infrastruktur yang memadai serta akses
yang begitu mudah untuk mendukung operasional kegiatan dalam kawasan.
Selain itu, Pelabuhan Bitung merupakan daya dukung yang sangat luar biasa sehingga nantinya akan sangat mempermudah kegiatan produksi maupun keluar masuknya barang.
Keduanya pun secara spontan menyatakan, kemungkinan besar pada bulan Mei nanti, Kepres Penetapan Bitung sebagai KEK akan segera turun.
Namun keduanya menghimbau agar terlaksannya KEK di Kota Bitung, harus didukung penuh tidak hanya oleh Pemerintah Kota Bitung, tetapi juga perlu mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi dan seluruh masyarakat. Beritasulut.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar