Senin, 09 Juli 2012

Walikota Bitung hadiri prosesi Erau Pelas di Kutai

Walikota Bitung Hanny Sondakh Jumat (06/07) lalu, mengunjungi Kabupaten Kutai Kertanegara Provinsi Kalimantan Timur dalam rangka menghadiri undangan dari Sultan Kutai terkait pelaksanaan Apacara Adat Erau Pelas.
Erau Pelas merupakan prosesi upacara adat Keraton Kutai Kertanegara (Kukar) yang berhubungan dengan aktivitas kehidupan rakyat dengan bertujuan untuk membersihkan segala macam hal yang mengganggu sumber-sumber kehidupan di permukaan bumi di wilayah kesultanan.

Ketika menghadiri acara tersebut Walikota Bitung dan rombongan disambut secara khusus oleh Sultan Kukar Ing Martadipura HAM Salehuddin II. "Ini satu moment yg luar biasa dimana kami bisa bertatap muka dan dijamu langsung oleh Sultan Salehudin II," ungkap Sondakh sambil tersenyum.

Kehadiran Sondakh menjadi sangat spesial ketika bertemu dengan kalangan keluarga kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dan dikawal langsung oleh Bupati Kukar, Rita Widyasari, Sondakh justeru langsung dijamu pihak keluarga kerajaan sehidangan dengan Putera Mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara H.Aji Pangeran Praboe Anoem Soerya Adiningrat yang bergelar H. Aji Muhammad Salehuddin II.

"Selain menghadiri Festival adat, banyak pengalaman menarik dan bermanfaat selama kami berada di Kabupaten Kukar," kata Sondakh.

Menurut Walikota Bitung, Kabupaten Kukar selama ini dikenal sebagai daerah terkaya di Indonesia. Bagaimana tidak, daerah yang dikenal dengan Kota Raja dimana Kerajaan Kutai sebagai kerajaan tertua di Indonesia ini memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah yakni batubara dan migas. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) nya pun tertinggi di Indonesia yaitu Rp.5,6 Triliun (2011), sangat jauh diatas Kota Bitung.

Walaupun demikian Sondakh sangat bersyukur. Dengan Dengan alokasi yang terbatas, kita sudah banyak memberikan yang terbaik dalam kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kota Bitung. "Adipura, WTP serta sejumlah penghargaan lain menjadi pemacu semangat untuk menjadi yang terbaik, ini yang akan kita pertahankan bahkan ditingkatkan," ungkap Sondakh.

Sebelumnya Walikota Bitung juga berkesempatan menghadiri pembukaan  perlombaan balap perahu katinting di sungai Mahakam oleh Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, setelah itu Walikota Bitung beserta rombongan juga dijamu oleh Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari di Keraton Kutai Kartenegara, tampak juga hadir pada kesempatan itu beberapa kepala daerah dari berbagai Propinsi di Indonesia.

Kehadiran Walikota Bitung beserta rombongan di Kutai Kartanegara sendiri atas undangan dari Pemkab Kukar dalam rangka kegiatan Festival Erau Pelas Benua Etam Tahun 2012 berupa prosesi ‘Ngulur Naga’ dan ‘Belimbur’. (MC-Kominfo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar