Rabu, 02 Mei 2012

Peningkatan SDM Jadi Prioritas Peringatan Hardiknas

Periode tahun 2010 sampai tahun 2035 semua pihak harus melakukan investasi besar-besaran dalam bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM), sebagai upaya menyiapkan generasi 2045, yaitu 100 tahun Indonesia merdeka. Hal ini dikatakan Walikota Bitung, Hanny Sondakh ketika membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhamad Nuh dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Rabu (2/4).
“Kita harus menyiapkan akses seluas-luasnya kepada seluruh anak bangsa untuk memasuki dunia pendidikan, mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai ke perguruan tinggi,” kata Sondakh.
Mengingat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terus meningkat, sehingga menurut Sondakh, mobilitas fisik dan nonfisik, termasuk kebudayaan dan peradaban semakin tinggi. Mobilitas yang tinggi tersebut memunculkan dominasi peradapan tertentu, benturan antarperadaban atau terbentuknya konvergensi peradaban.
“Peran strategis pembangunan bidang pendidikan untuk mewujudkan hal itu menjadi sangat penting. Akan tetapi, sebaliknya, bukan mustahil kesempatan emas tersebut menjadi bencana demografi atau demographic disaster bila kita tidak dapat mengelolanya dengan baik,” ujar Sondakh.
Adapun tema Hardiknasl tahun 2012 ini menurutnya,  adalah Bangkitnya generasi emas Indonesia. Tema ini sejalan dengan hakikat pendidikan yang telah ditekankan oleh pendiri pendidikan Nasional.
Sementara itu, bertindak sebagai pemimpin upacara dipercayakan kepada kepala SMA Kristen Tumou Tou Girian, Maxi Rompas yang dihadiri Wakil Walikota Bitung, Max Lomban bersama Ny Khouni Lomban Rawung, Sekkot, Edison Humiang bersama Ny Telly Humiang Muhaling, Forkopimda, ribuan guru dan tenaga kependidikan di Kota Bitung .
Dalam acara ini, Sondakh menyematkan penghargaan satya lencana kepada PNS yang telah berjasa dan mengabdi bagi negara selama 30 tahun kepada kepala SMK Negeri 2 Bitung, Willy Kojongian, juga menyerahkan piagam penghargaan bagi siswa dan siswi teladan
tingkat SD, SMP dan SMA tahun 2012 sekaligus pengutusan dua Paskibraka Kota Bitung mengikuti seleksi Paskibraka tingkat nasional.
Selain itu, pencanangan bulan bhakti gotong royong  masyarakat BBGRM IX dan hari kesatuan gerak PKK  KE – 40 tingkat Kota Bitung tahun 2012 dan penandatanganan kerjasama antara SMK Negeri 2 Kota Bitung dengan PT Volvo Penta.(en) Beritamanado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar