Rabu, 18 April 2012

Bitung Kini Miliki Pemukiman Hijau

Kota Bitung kini memiliki pemukiman hijau yang mulai dicanangkan Walikota Bitung, Hanny Sondakh, Selasa (17/4). Pencanangan pemukiman hijau ini dilaksanakan Badan Lingkungan Hidup (BLH) bekerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Kecamatan Matuari yang menjadikan Perum Torang Punya kelurahan Sagerat Weru Dua Kecamatan Matuari sebagai percontohan.
Pencanangan pemukiman hijau ditandai dengan penanaman pohon dilingkungan perumahan serta penyerahan gerobak sampah kepada masyarakat dan peletakan batu pertama pembuatan sumur resapan juga pemberian bibit pohon oleh Sondakh.
Menurut Kaban BLH Kota Bitung, Adrian Dondokambey, pemukiman hijau merupakan terobosan baru dibidang lingkungan hidup untuk menjaga keseimbangan lingkungan agar tetap sejuk dan meminimalisir pemanasan global sebab sesuai tuntutan. “Kita harus
menyiapkan 30 persen dari lingkungan kita sebagai daerah yang hijau dan kita harus menyiapkan ini sejak dini dan diusahakan dapat berfungsi dalam jangka waktu yang panjang,” kata Dondokambey.
Sementara itu, menurut Sondakh, menjadikan lingkungan perumahan yang sejuk merupakan harapan bersama. Namun untuk melakukan hal tersebut terkadang masyarakat kurang serius sehingga tidak peduli dengan masalah tersebut.
“Padahal ini sangat bermanfaat bagi kita sebab lingkungan yang hijau akan menciptakan lingkungan yang sejuk, asri dan sehat dan ini perlu kita lakukan apalagi untuk jangka waktu yang panjang sebab perkembangan penduduk yang semakin pesat membuat lahan hijau semakin terjepit,” kata Sondakh.
Diakhir acara Sondakh meresmikan penggunaan tempat penampungan hasil pemilahan sampah. Dan acara ini dihadiri Sekkot Bitung, Edison Humiang, Wakil Ketua II TP PKK, Ny Telly Humiang Muhaling, Asisten II, Dahlia Kaeng, kepala-kepala SKPD, Camat Matuari, Maikel Sondakh dan Lurah Sagerat Weru Dua, Fonda.(en) Beritamanado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar