Rabu, 25 April 2012

Kapten Kapal Perempuan Pertama, dan Satu-Satunya di Filipina

Kapten kapal sangat indentik dengan sosok seorang pria gagah, dan pemberani. Namun lain halnya dengan yang ada diatas kapal BRP Magat Salamat PS-20 milik Philippines Navy, dialah Comander Camacho Luzviminda kapten kapal perang pertama, dan satu-satu kapten kapal wanita dalam sejarah Philippines Navy.

"Kami mempunyai 29 kapal yang akan mengunjungi Indonesia, dan kapal Magat Salamat ini adalah satu diantaranya," kata Camacho kepada Tribun Manado, Selasa (24/4). Camacho sendiri diatas kapal tersebut memimpin 52 orang kru, dan 7 officers. "Saya sangat berharap dengan kunjungan kami saat ini, bisa mempererat persahabatan TNI AL dan Philippines Navy," tambahnya.

Ia menjelaskan Philippines Liaison Officer yang bertugas di Manado, Lieutenant Colonel Noel D Beleran, ada 34 nelayan yang akan diberangkatkan kembali ke Filipina pada tanggal 26 April mendatang.

"Saya sangat berharap agar diadakan Boarder Patrol Partnership untuk menghindari bertambahnya nelayan yang melampaui perbatasan negara masing-masing," kata dia. Ia
mengaku, menjadi Commanding officer selama 2 tahun 2 bulan, namun baru 11 bulan bertugas sebagai kapten kapal di Magat Salamat.

"Sebagai seorang wanita militer saya sangat bersyukur karena saya diberi kesempatan menduduki posisi ini, karena ini berarti bahwa kesetaraan gender di Filipina sudah semakin nyata," ujar Kapten Kapal Wanita Pertama dalam sejarah Filipina. TribunManado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar