Selasa, 10 April 2012

Kaloh “Ajarkan” Kebersihan ke Anggota DPRD Bungo

Keberhasilan Kota Bitung mempertahankan lima kali berturut-turut dan predikat sebagai Kota Sehat membuat daerah lain tertarik untuk datang belajar masalah kebersihan. Buktinya, Senin (9/4), rombongan anggota DPRD Kabupaten Bungo Provinsi Jambi bertandang ke Kota Bitung untuk belajar masalah kebersihan.
“Kota Bitung adalah untuk belajar tentang masalah kebersihan, sebab sesuai dengan data yang kami peroleh, Kota Bitung telah 5 kali berturut memperoleh penghargaan Adipura oleh sebab itu kami tertarik untuk datang dan belajar lebih dalam dan apa yang kami dapat disini itu akan kami jabarkan di kabupaten Bungo,” kata Ketua DPRD Bungo, M  Mahilli yang juga bertindak sebagai ketua rombongan.
Mahilli juga dalam pertemuan tersebut memberi gambaran soal Kapupaten Bungo. Dimana menurutnya, kabupaten Bungo terletak di bagian Barat Propinsi Jambi dengan luas wilayah sekitar 7.160 kilo meter persegi. “Wilayah kami secara geografis terletak pada posisi 101º 27’ sampai dengan 102º 30’ Bujur Timur dan di antara 1º 08’ hingga 1º 55’ Lintang Selatan,” katanya.
Lebih lanjut ia mengatakan, berdasarkan letak geografisnya Kabupaten Bungo berbatasan
dengan Kabupaten Tebo dan Kabupaten Darmasraya di sebelah Utara, Kabupaten Tebo di sebelah Timur, Kabupaten Merangin di sebelah Selatan dan Kabupaten Kerinci di sebelah Barat. Berpenduduk kurang lebih 381.221 jiwa ,terdiri dari 17 kecamatan yang meliputi 13 kelurahan dan 124 desa.
Sementara itu, rombongan Mahilli ini diterima Asisten I Pemkot Bitung, Fabian Kaloh di lantai empat Pemkot Bitung. Kaloh sendiri memaparkan soal komitmen Pemkot dan masyarakat dalam menjaga kebersihan Kota Bitung selama ini.
“Dulunya mungkin hanya bertujuan untuk mendapatkan penghargaan Adipura, namun seiring perjalanan waktu Adipura bukan lagi tujuan dalammenjaga kebersihan, tapi sudah menjadi kebiasaan masyarakat Kota Bitung,” kata Kaloh.
Kaloh sendiri mengaku sangat bangga dengan komitmen dan kesadaran masyarakat Kota Bitung yang setiap saat menjaga kebersihan. Dan ini ditopang penuh Pemkot Bitung dengan penyedian fasilitas, seperti tong sampah dan angkutan sampah yang setiap saat mobile mengangkut sampah.
“Belum lagi pengomposan di tingkat kelurahan yang saat ini sementara kita galakkan,” katanya.(en) Beritamanado.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar