Sabtu, 09 Maret 2013

Wawali Bitung Sosialisasi Kebersihan Selat Lembeh

Keberadaan perairan laut disepanjang selat Lembeh di Kota Bitung sangat rentan akan sampah. Untuk itulah mengantisipasi dampak pembuangan sampah di perairan selat Lembeh, Max Lomban wakil walikota Bitung bersama tim melakukan sosialisasi tentang kebersihan Selat Lembeh simulasi antisipasi terjadinya bencana disejumlah sekolah yang ada di daratan Kota Bitung dan pulau Lembeh Kamis (7/2) dan Jumat (8/2).
"Sosialisasi ini digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Bitung, Badan penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kota Bitung dan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Bitung kepada para
pelajar yang ada di sejumlah sekolah menengah pertama," kata Lomban didampingi Ny Khouni Lomban Rawung Wakil Ketua TP-PKK Kota Bitung, Benny Lontoh Kadis Pariwisata dan Jeffry Wowiling Kaban (BPBD).
Untuk itulah dia meminta agar masyarakat yang ada di pulau Lembeh dan didaratan Kota Bitung agar menjaga kebersihan dan Peduli akan kebersihan selat Lembeh serta peduli kelestarian lingkungan laut. "Hal ini perlu adanya perlindungan dan pengelolaan yang nanti berdampak pada kemajuan kawasan wisata di kota Bitung kebersihan juga dapat menghasilkan udara yang sejuk saat dihirup," tambahnya.
Selain mensosialisasikan tentang kebersihan Lomban juga mengajak kepada warga agar memperhatikan dan menjaga hutan. "Sebab dengan kita menjaga hutan maka bencana dapat dihindari," tandasnya. Terpisah Benny Lontoh Kadis Pariwisata Pemkot Bitung menjelaskan kegiatan tersebut melibatkan warga asing yang peduli dengan lingkungan bawah laut. "Jadi dalam kegiatan sosialisasi tersebut, kami bangga karena Mr Contantinos Petrinos yang merupakan fotografer bawa Air Asal Negara Yunani ikut ambil andil mensosialisasikan mengenai kebersihan laut," kata Lontoh.
Lanjut Lontoh dalam sosialisasi tersebut melibatkan para pelajar dimana mereka diminta untuk kreatif dan memberi masukan ke pihak pemkot dalam upaya mengantisipasi masalah sampah untuk menunjang kebersihan di Kota Bitung. "Kami himbau kepada pelajar yang ada di Kota Bitung untuk terus merawat kelestarian lingkungan juga peduli terhadap hutan dan Laut dengan terus menjaga kebersihan, maka dengan bersih wujud keindahan akan nampak," tuturnya.
Pihaknya juga dalam kesempatan tersebut menyerahkan peralatan 1 set komputer jenis PC yang dirangkaikan dengan penyerahan biaya operasional Bagi Ketua RT dan Pala yang berlangsung di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Lembeh Utara dan Lembeh Selatan. "Ketua PMI kota Bitung Ny Khouni Lomban rawung, menyumbangkan 12 set perlengkapan Rumah tangga, dan alat pertanian berupa Cangkul yang merupakan wujud peduduli atas bencana yang menimpa sebagian masyarakat pulau lembeh," pungkasnya. (tribunnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar