Kamis, 05 Februari 2015

Langkah Bitung Menuju Kota Sehat

Kota Bitung tengah bersiap mengikuti penilaian Kota Sehat tahun 2015, ini sebagaimana langkah yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota dan Provinsi Sulut dan tim yang yang melakukan verifikasi di Kota Bitung, Rabu (4/2/2015).

"Bitung dinilai daerah yang paling siap dinilai untuk Kota Sehat sehingga dikesempatan pertama di verifikasi," tutur dr Vonny Dumingan Kadis Kesehatan Bitung. Dijelaskannya penilaian terhadap kesiapan kota Sehat berlaku untuk semua aspek mulai dari bersifat teknis maupun non teknis atau administrasi, dimana tim dari Provinsi akan melalui tahapan penilaian. "Oleh pemerintah pusat pada Juni mendatang. Kesiapan kita terlihat dari dokumentasi kegiatan selama ini, serta verifikasi lapangan yang dilakukan Dinkes Sulut," tambahnya.

Ketua Forum Kota Sehat Bitung Ir Maurits Mantiri menyatakan hal yang sama saat turun verifikasi lapangan di Kecamatan Ranowulu dan Kecamatan Aertembaga bersama tim Dinkes provinsi Sulut mengapresiasi kesiapan Kota Bitung. "Mereka menilai kondisi lingkungan maupun kawasan hutan di sini untuk mendukung untuk terwujudnya Kota Sehat. Keadaan lingkungan stabil sekalipun berdekatan dengan kawasan industri," tutur Mantiri.

Pria yang kini duduk sebagai wakil ketua DPRD Bitung mengaku optimis dapat mempertahankan predikat tertinggi dalam Kota Sehat, yaitu Swasti Saba Wistara yang diraih dua tahun lalu namun harus dibarengi dengan pembenahan di beberapa hal sebelum masuk pada penilaian di bulan Juni nanti.
"Jadi selain anggota forum kota sehat pemerintah daerah harus lebih intens memberi dukungan nyata, kami akan memberikan rekomendasi ke beberapa SKPD untuk ditindaklanjuti seperti keberadaan infrastruktur penunjang dan penciptaan kondisi yang lebih kondusi," tandas Mantiri.

Indikator Kota Sehat:
1. Kawasan permukiman dan sarana/prasarana umum yang sehat
2. Kawasan lalu lintas tertib dan layanan transportasi yang sehat
3. Kawasan industri dan perkantoran yang sehat
4. Kawasan pariwisata yang sehat
5. Kemampuan ketahanan pangan dan gizi yang sehat
6. Kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri
7. Kehidupan sosial yang sehat
8. Kawasan hutan yang sehat
9. Kawasan terminal yang sehat

*) Sumber: Dinas Kesehatan Kota Bitung. tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar