Sabtu, 14 Februari 2015

Legislator Bitung Pendatang Baru Dominasi 'Pelesir'

Sekretaris DPRD Bitung Youke Senduk membeberkan keberadaan para wakil rakyat yang sering 'pelesir' keluar daerah di awal tahun 2015 ini, adalah para pendatang baru tercatat mendominasi.

"Memang mereka yang baru sering berangkat, anggota dewan lama justru kurang," tutur Senduk saat bersua dengan awak media Sabtu (14/2/2015).
Namun begitu dirinya masuk enggan membeberkan siapa-siapa saja para wakil rakyat pendatang baru yang mendominasi 'pelesir' keluar daerah, karena apa yang dilakukan itu tidak urgensi memang karena tugas.

"Tak penting soal itu, yng penting perjalanan dinas mereka bisa dipertanggungjawabkan dan sesuai, itu tidak masalah. Sebab anggaran untuk itu memang sudah tertata," urainya. Sementara itu dari penelusuran di internal DPRD Bitung, nama-nama wakil rakyat pendatang baru seperti Luther Lorameng, Erwin Wurangian, Alexander 'Nyong' Wenas, Frangky Julianto dan Martje Rantung paling sering 'pelesir' di antara rekan sejawat mereka. Tercatat nama-nama ini sudah lebih dari tiga kali melakukan 'pelesir' ke berbagai daerah di Indonesia.

Di sisi lain keberadaan wakil rakyat yang sering terbang ke luar daerah ternyata belum menyedot nominal yang signifikan dari total anggaran perdis yang tertata dalam APBD Induk 2015 ini. Data yang dirangkum menyebut, dari total Rp4.027.714 anggaran perdis, yang sudah terserap baru sebesar Rp220.452.

"Belum sampai 1 persen dari total anggaran. Baru sekitar 0,8 persen," ujar Senduk lagi. Jumlah itu berlaku hingga tanggal 7 Februari lalu dimana jumlah itu belum terhitung dengan kegiatan perdis yang sementara dilakoni sejumlah legislator pada pekan berjalan ini.

"Kebetulan ada beberapa anggota Dewan yang sedang berangkat sekarang ini, tapi keberangkatan mereka belum termasuk pada data tadi. Yang Rp220.452 itu baru terhitung hingga tanggal 7 minggu lalu karena sudah dibuatkan Surat Pertanggung Jawabannya (SPJ)," Senduk menandaskan. tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar