Minggu, 08 September 2013

Humiang Pimpin Rapat KEK


Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs. Edison Humiang Kamis 5/9 Bertempat Ruang Kerjanya mengadakan Rapat pertemuan bersama Tim Pusat Studi Lingkungan dari Universitas Samratulangi Manado, dan Kepala SKPD terkait guna membahas mengenai pembagunan Kawasan Ekonomi Khusus dan Infrastruktur pendukung KEK.

Dalam laporan Humiang menjelaskan bahwa kesiapan Pemerintah Kota Bitung dalam mewujudkan KEK tidak hanya sekedar wacana dan main-main, hal ini dibuktikan dari segala aspek yang dibutuhkan pemerintah pusat telah disiapkan dan sudah mulai berjalan, dan menurut pemerintah pusat bahwa kota Bitung sudah layak menjadi Kawasan Ekonomi Khusus tinggal menunggu di Sahkan.

Sementara itu Menurut ketua rombongan Tim yang dipimpin Prof. Dr. Charles Kepel bahwa tujuan kunjungan yaitu ingin mencari tahu kesiapan Kota Bitung dalam menyambut KEK, dan kedatangan Tim juga ingin membantu pemerintah Kota Bitung dalam upaya pembangunan KEK, serta ingin mejelasxkan sedikit mengenai Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan dampak lingkungan dalam penataan suatu pembangunan.
Dijelaskan pula bahwa pembangunan KEK harus dipadukan dengan kesiapan fasilitas pendukung seperti adanya ijin pembangunan Infrasruktur dan KLHS dalam penentuan reklamasi Dipesisir pantai, pembebasan lahan jalan Tol, dan pengembangan Hub Port IHP, dan ijin Konektivitas lainya seperti jalur kereta api.
Ditambahkan pula bahwa KLHS memiliki manfaat dalam mengatasi kelemahan dan keterbatasan Analis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam mempromosikan pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan yang lebih efektif. (beritasulut.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar