Rabu, 11 September 2013

Pertanian Berperan Besar dalam Pembangunan

Sektor pertanian berperan cukup besar dalam pembangunan suatu daerah, baik peran langsung terhadap pembentukan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), penyediaan lapangan kerja, sumber pendapatan masyarakat dan penciptaan ketahanan pangan. Hal ini dikatakan Wakil Menteri Pertanian, Dr Rusman Heryawan pekan lalu ketika menyerahkan bantuan dua mesin produksi hasil pertanian ke Pemkot Bitung.

Alat pengolahan hasil tersebut diterima langsung Kadis Pertanian Kehutanan dan Ketahanan Pangan Kota Bitung, Lisje Macawalang disela-sela panen bawang merah di Desa Tompaso Minahasa.
“Ke-2 alat itu akan disalurkan kedua kelompok yakni kelompok Anugerah Wangurer Timur dan kelompok Melati Kadoodan Kecamatan Madidir,” kata Macalawang, Selasa (10/9).

Menurut Macalawang, harga satu unit alat pengolah sekitar Rp100 jutaan dan sangat berguna membuat berbagai macam kreasi kelompok seperti keripik pisang, kerupuk bawang, pembuatan tempe,kripik tempe, kue pia dan lainnya.

Dengan diterimanya bantuan hibah, diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik supaya menambah penghasilan juga meningkatkan kesejahteraan kelompok. Kedepannya kata dia, pihaknya akan mengusulkan kembali ke pemerintah pusat agar kelompok yang lain bisa mendapatkan bantuan serupa.
  (beritamanado.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar