Sabtu, 07 September 2013

Pemkot Bitung Hadiri Pertemuan Kota Pelabuhan, China-Asean Port Cities Cooperation Network Forum

Bertempat di Nanning, Guangxi, RRC, Pemerintah Kota Bitung yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bitung Drs. Benny Lontoh, M.A mengikuti kegiatan China-Asean Port Cities Cooperation Network Forum yang diselenggarakan pada tanggal 2-4 September 2013.

Forum jaringan kerjasama antara kota- kota pelabuhan China dan negara-negara ASEAN adalah sebuah pertemuan untuk memperingati 10 tahun kerjasama antara negara China dan negara-negara Asean. Forum yang diikuti oleh 47 kota pelabuhan dari 12 negara termasuk Kota Bitung tersebut adalah sebuah forum yang ditujukan untuk membangun sebuah jaringan kerjasama antar kota-kota pelabuhan atas inisiatif pemerintah China dengan tujuan agar konektifitas yang terjalin di antara semua kota pelabuhan akan memberikan banyak keuntungan dan berbagai kemudahan bagi seluruh anggota jaringan.
Keuntungan-keuntungan tersebut diantaranya adalah untuk term 1 sampai dengan Tahun 2015 akan mulai eksis 2 permanent shipping links bagi semua kota anggota dengan jenis produk yang mulai dibuka jaringannya adalah di bidang industri petrokimia, industri karbon, industri bio medical, pendidikan, perdagangan, pariwisata, pertanian dan perikanan. Shipping link ini akan ditingkatkan sampai dengan 10 permanent lines dalam 20 tahun kedepan.  Selain itu di bidang pariwisata dan kebudayaan akan dilaksanakan kerjasama pertukaran pariwisata menggunakan konektifitas diantara 47 kota di 12 negara ini.

Pemerintah Provinsi Guangxi juga memiliki free trade zone area di kota Qinzhou yang baru disetujui rencana pembangunannya pada Tahun 2008 lalu dan mulai dibangun serta saat ini sudah aktif beroperasi dengan total luas lokasi sebesar 42200 Kilometer dengan 3 fase pembangunan dalam 6 tahun dan telah merubah provinsi ini dari kota miskin 7 tahun yang lalu menjadi salah satu dari 6 provinsi dengan perkembangan pembangunan yang paling pesat di China karena keseriusan pembangunan berbagai infrastruktur free trade zone secara masif dan komprehensif.

Setelah pertemuan ini, Pemerintah China akan berinisiatif membantu semua kota pelabuhan untuk membangun kerjasama jaringan pelayaran sebagai alat untuk membangun mekanisme kolaborasi yang saling menguntungkan bagi semua kota.

Sebagai tindak lanjut forum ini telah menghasilkan sebuah deklarasi dengan isu ini yang nantinya akan dilaksanakan, menindaklanjuti semua masukan dalam pertemuan ini dan dimasa yang akan dating dilaksanakan beberapa pertemuan lanjutan untuk menindaklanjuti detail kerjasama yang telah dihasilkan oleh pertemuam ini.

Lontoh sebagai perwakilan Pemerintah kota Bitung untuk mengikuti forum ini secara langsung telah diundang secara khusus oleh Wakil Walikota Qinzhou sebagai penanggung jawab pelabuhan Qinzhou untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut mengenai berbagai peluang di masa yang akan datang sekaligus untuk mempelajari bagaimana Pemerintah Provinsi Guangxi bisa merubah kemakmuran rakyatnya dalam waktu yang sangat singkat.  Semoga pelaksanaan International Hub Port menuju free trade zone di kota Bitung akan memberikan kemakmuran bagi seluruh warga kota dan provinsi Sulawesi Utara pada umumnya.
    (okemanado.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar