Minggu, 29 Januari 2017

Ini yang Harus Diwaspadai Warga Usai Banjir

Bitung – Sejumlah wilayah yang sempat tergenang air saat intensitas hujan cukup tinggi mengguyur Kota Bitung mulai surut.


Dinas Kesehatan Pemkot Bitung meminta warga untuk mengantisipasi sejumlah penyakit yang timbul pasca banjir.

Menurut Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Pemkot Bitung, Calvin Wuisan, hal utama yang harus diwaspadai warga saat ini adalah nyamuk.

“Saat banjir surut, genangan-genangan air harus duwaspadai karena itu akan menjadi tempat jentik nyamuk yang bisa menimbulkan berbagi penyakit seperti deman berdarah,” kata Calvin beberapa waktu lalu.

Selain itu kata dia, rumah yang sempat terendam banjir harus melekukan pembersihan menyeluruh untuk memastikan tak ada genangan air yang tersisi pasca banjir.

“Warga harus memeriksa gantungan-gantungan banju di kamar dan rutin menguras bak penampungan air. Intinya lakukan 3 M yakni menutup, menguras dan mengubur,” katanya.

Ia juga mengatakan, pencegahan penyakit pasca banjir harus dilakukan lintas sektor. Mulai dari pemberisahan lingkungan seperti got dan sisa material yang mengendap saat banjir.

“Makanya sangat diharapkan keterlibatan warga untuk gotong royong melakukan pembersihan lingkungan sekitar selain melakukan pembersihan rumah masing-masing,” katanya. beritamanado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar