Jumat, 20 Januari 2017

Lomban Imbau Warga Jaga Kebersihan Antisipasi Dbd



Wali Kota Bitung Maxmilian Jonas Lomban mengimbau masyarakat di daerah itu untuk menjaga kebersihan lingkungan guna menghindari penyebaran penyakit demam berdarah (DBD).



"Saya minta masyarakat Kota Bitung untuk memperhatikan kebersihan lingkungannya masing-masing," kata Lomban di Bitung, Rabu.

Dia menyatakan hal tersebut karena beberapa waktu lalu mulai muncul kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang diperkirakan dipicu perubahan cuaca yang cukup ekstrem di Kota Bitung.

Untuk itu Wali Kota menginstruksikan kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara mulai dari perangkat daerah terkait seperti Dinas Kesehatan, Badan Lingkungan Hidup, perangkat kecamatan dan kelurahan untuk bersinergi dengan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Lomban mengajak masyarakat agar memahami pencegahan DBD yang dapat dimulai dari lingkungan sekitar.

Karena itu masyarakat diminta harus lebih proaktif membersihkan selokan masing-masing, mengganti air bak secara rutin, membersihkan wadah yang dapat memungkinkan tergenang air (pot, ember dan lain sebagainya) serta menutup rapat tempat tempat penampungan air.

Dia juga mengingatkan, apabila ada anggota keluarga terindikasi mengalami gejala DBD harus langsung dibawa ke Puskesmas atau dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan kesehatan.

Penyakit DBD, kata Lomban, merupakan penyakit endemik masyarakat Indonesia termasuk Sulawesi Utara dan Kota Bitung, karena itu berdasarkan banyaknya pengalaman menjadi acuan Pemkot Bitung untuk mengurangi penyebaran penyakit tersebut pada musim penghujan.

"Penyakit membahayakan ini dapat menyebabkan kematian manusia hanya dalam waktu satu minggu saja, karena itu perlu pencegahan secara preventif dan berkelanjutan," ujar Lomban. www.antarasulut.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar