Selasa, 17 Januari 2017

Pemkot Bitung Gelar Rakor Penanggulangan Bencana



Guna mensinergikan seluruh stake holder dengan pemerintah dan masyarakat untuk mengurangi resiko dampak bencana, Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung menggelar rapat Peningkatan Koordinasi terhadap Penanggulangan Bencana Kota Bitung, di Ruang Rapat lantai IV Kantor Walikota Bitung, Senin (16/1).


Kegiatan ini dihadiri Pelaksana tugas (Plt) Sekertaris Kota (Sekkot) Bitung, Drs. Malton Andalangi, serta dibuka secara resmi oleh Andalangi. Turut hadir,Kepala-kepala Kecamatan dan Lurah Kota Bitung, serta Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait.

Dalam sambutannya, Andalangi menjelaskan bahwa adapun latar belakang acara rapat dalam peningkatan koordinasi terhadap penanggulangan bencana di Kota Bitung tahun 2017, yaitu kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan oleh bencana alam dan meningkatnya frekuensi kejadian bencana, memerlukan upaya antisipasi untuk meminimalkan dampak kerugian ekonomi akibat bencana dimasa mendatang.

Menurutnya, dalam mengantisipasi meningkatnya kerusakan yang diakibatkan oleh bencana alam, maka dapat dikoordinasikan dengan tim yang sudah dibentuk, agar dapat memantau dan memfasilitasi di lokasi yang tertimpa bencana.

Adapun tim yang dibentuk ini terdiri dari para Asisten, para Kepala SKPD dan pejabat yang ada di lingkup Pemkot Bitung bersama dengan para Camat di kecamatan masing-masing. ”Berbagai dampak dari akibat bencana yang ditimbulkan, semuanya tidak mungkin hanya ditangani oleh Pemerintah semata. Bencana memerlukan penanganan yang bersifat komprehensif dengan melibatkan berbagai pihak mulai dari camat dan lurah, terutama partisipasi warga masyarakat sendiri yang peduli terhadap upaya penangulangan resiko bencana,” ujarnya.

Kesempatan yang sama, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung, Frangky Lady, mengatakan bahwa yang terpenting adalah mengadakan kegiatan pelatihan kepada masyarakat bagaimana cara mengatasi bencana alam. www.manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar