Jumat, 30 Januari 2015

Waspadai Buah Impor Berbakteri

Bitung – Masyarakat Kota Bitung diminta mewaspadai buah-buah impor yang dijual di pasar tradisional, toko dan minimarket. Pasalnya, buah impor seperti apel asal California Amerika Serikat jenis Granny Smith dan Gala diduga terkontaminasi bakteri Listeria Monocytogenes.

Hal itu diperkuat dengan terbitnya larangan Kementerian Perdagangan untuk impor produk apel asal California Amerika Serikat karena dianggap membahayakan kesehatan sehingga harus ditarik. Dan apel asal California ini begitu mudah dijumpai di pasar, toko dan minimarket di Kota Bitung.

“Tanggal 29 Januari 2015 kami telah mengeluarkan sekitar 20 surat edaran dan peringatan soal buah impor yang dianggap berbahaya oleh kementerian,” kaya Kadis Perindag Pemkot Bitung, Benny Lontoh, Jumat (30/1/2015).

Surat edaran itu kata Lontoh, ditujukan kepada sejumlah pelaku usaha baik minimarket dan kios dipasar tradisional agar tidak menjual produk buah apel luar negeri, karena dianggap menimbulkan dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

“Kami juga menghimbau masyarakat agar mengkonsumsi buah apel produksi dalam negeri. Selain enak juga aman dikonsumsi karena melalui pengolahan sendiri,” katanya.

Ia juga menghimbau para penjual agar lebih jeli dan berhati-hati mengambil produk dari distributor, terutama buah impor. Juga masyarakat patut waspada mengingat masa inkubasi bakteri yang ada pada buah-buah impor cukup lama.(abinenobm).beritamanado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar