Kamis, 24 September 2015

ABK dan Warga Binaan 'Kuliti' Hewan Kurban



BITUNG - Puluhan orang tumpah ruah di dua tempat yang merayakan Idul Adha masing-masing di Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tewaan dan Pangkalan Pengawasan Sumberdaya kelautan dan perikanan (PSDKP) Tandurusa, Kamis (24/9).


Puluhan orang itu terlibat dalam pemotongan hewan kurban jenis sapi, ada yang bertugas menyembelih, mengangkat bagian yang telah terpisah dari bagian utuh hingga membersihkan.

Mereka yang terlibat adalah warga binaan di Lapas Kelas IIB Tewaan dan Anak buah kapal (ABK) Non Justicia dari Filipina hasil tangkapan PSDKP karena mencuri ikan di wilayah Perairan Indonesia.

"Jadi mereka kami libatkan dalam pemotongan hewan kurban, disertai dengan penggunaan peralatan tangkap ikan Tuna milik mereka kami pakai untuk membantu proses pemotongan hewan kurban," tutur Kepala PSDKP Ipung Nugroho Saksono, Kamis (24/9) kemarin.

Dijelaskannya selain melibatkan ABK Non Justisia yang ditahan di rumah detensi pangkalan, pihaknya juga akan memberikan hewan kurban tersebut kepada seluruh penghuni rumah detensi serta masyarakat sekitar. "Total ada 94 ABK non Justicia yang akan kebagian hewan kurban. Untuk masyarakat umum ada 237 kupon yang disebarkan dan berhak atas hewan kurban," urainya.

Di tahun 2015 ini total ada tiga ekor sapi berukuran besar yang dibantai oleh tukang sembelih, pelaksanaan pemotongan hewan kurban oleh instansi dibawah naungan Kementrian Kelautan dan Perikanan ini sudah bertahun-tahun dilakukan melibatkan semua pihak didalam pangkalan. "Mulai dari komandan, karyawan, staf hingga tahaman rumah ditensi bisa menikmati hasil pemotongan kurban," tukasnya.

Ditempat terpisah Lapas Kelas IIB Tewaan memotong dua ekor hewan kurban jenis Sapi.Sebelum pemotongan diawali solad ied Ustaz Salman Lahinda sebagai khotib diikuti 230 warga Binaan dan beberapa masyarakat dari luar.Menurut Kepala Lapas dua ekor sapi yang dikurbankan merupakan sumbangsih dari sekelompok warga.

"Terima kasih buat Hi Djony Tjomo, Hj Samsia Marasabesi, Hi Abdul Aziz Datumola, Hj Rosmini Hasan, Hi Hamid, Hi UU Nugraha dan Hi Zabri menyumbangkan satu Ekor Sapi serta Hi Vino Mamomto, Hj Linda Harahap dan Arianti Baramuli Putri untuk seekor sapi," terang Danang. Adapun yang mendapatkan hasil kurban itu akan dibagikan kepada 315 warga Binaan 315, pegawai 58 orang dan dari luar lapas 10 orang. manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar