Sabtu, 12 September 2015

KEK Bitung Tahap Pertama Segera Dibangun



Pemerintah Provinsi (pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) mulai membangun Kawasan ekonomi Khusus (KEK) Bitung. Rencananya peletakan batu pertama dilakukan minggu ketiga September 2015.

"Untuk proses lelang tender telah dilakukan, dengan demikian pengerjaan fisik juga sudah bisa dilakukan. Untuk itu peletakan batu pertama akan segera dilakukan," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut Jenny Karouw.

Karouw menambahkan untuk tahap awal ini akan dibangun kantor administrator, penerangan, drainase, gapura, portal dan pos penjagaan. Rencananya pengerjaannya akan selesai pada Desember 2015 akan datang. "Jika nantinya tahap pertama telah selesai kemudian akan dilanjutkan tahap kedua," ungkapnya.

Saat ini, katanya, lahan pemerintah yang disiapkan sebanyak 92,98 hektare dan pembebasan lahan masyarakat sebanyak 2,8 hektare. Sehingga lahan yang disediakan saat ini sebesar 95,78 hektare. Sedang lahan yang disediakan keseluruhan sebesar 534 hektare.

Pengamat Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Joubert Maramis mengungkapkan sepuluh tahun dari sekarang Bitung akan menjadi pusat industri, perdagangan dan jasa yang ramai. Hal ini karena memang posisi dan rencana pengembangan industri Sulawesi Utara dan daerah sekitarnya ada di kota tersebut, apalagi nantinya KEK Bitung akan segera berjalan.

Untuk itu harus disediakan di Sulut tenaga kerja yang skill dan profesional baik pada level lower, middle dan top manajemen, karena nantinya akan banyak perusahaan yang akan masuk ke Bitung.

Hal ini jangan sampai peluang yang cukup bagus ini nantinya dimanfaatkan oleh tenaga-tenaga dari luar Sulut. Ol‎eh karena itu mulai semarang ini harus dilakukan SDM oleh semua pihak. Sehingga nantinya tenaga kerja dari Sulut bisa terserap oleh perusahaan yang telah menanamkan modal di Kawasan KEK Bitung. sumber:manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar