Rabu, 16 September 2015

Kebakaran di Taman Wisata Makin Meluas, Aktifitas Wisata Terpaksa Ditutup



BITUNG -   Peristiwa kebakaran hutan yang melanda Taman Wisata Alam (TWA) Batuputih Kecamatan Ranowulu sejak pekan lalu terus terjadi.

Demikian disampaikan Kepala BKSDA Wilayah Bitung Azhari. Hingga Minggu berjalan ini kebakaran semakin meluas, api mulai
merambat dan masuk ke Wilayah Cagar Alam Tangkoko-Duasudara yang letaknya masih satu kawasan.

"Akibatnya aktifitas wisata di taman Wisata alam seperti Bird Watching, wisata melihat binatang langka seperti Tarsius spektrum, Macaca nigra terpaksa ditutup oleh pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) karena takut akan mengancam keselamatan dari pengunjung TWA," jelas Azhari saat dihubungi Rabu (16/9) kemarin.

Pihaknya berupaya untuk memadamkan api dengan mengerahkan sekitar 30 tim Manggala Agni (Tim Pemadam Kebakaran BKSDA) dan warga Kelurahan Batuputih dibantu oleh para guide lokal. "Untuk penutupan kunjungan wisatawan ke TWA tersebut sudah kita kabarkan ke Himpunan Pramuwisata Indonesia (PHI) Sulut agar menunda jadwal kunjungan tamu mereka ke TWA," tukasnya.

Alo Wodi, satu di antara guide lokal yang dihubungi mengakui akibat kebakaran itu pihaknya terpaksa menunda jadwal kunjungan wisatawan terutama wisatawan mancanegara yang akan masuk TWA. "Ya kami tunda sementara karena api juga sudah membesar," ujar Alo singkat. manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar