Minggu, 06 September 2015

Ini Hasil Lomba Paduan Suara Antarkolom Jemaat GMIM Yobel, Bitung



Ekspresi kegembiraan tak terbendung keluar dari puluhan anggota jemaat Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Yobel wilayah Bitung 3 khususnya Kolom 2.

Tiga dewan juri Jaris Banua SPd, Beno Manabung dan Drs Joike M Pudi MSn memperlihatkan nilai hasil perlombaan Paduan Suara antar Kolom lewat tayang slide di Gedung Gereja GMIM Yobel, Sabtu (5/9/2015).


"Kolom 12 80.18, Kolom 2 80.85, Kolom 4 80.80," ucap Jaris sambil menunjuk kearah tayangan slide.

Seketika personel Paduan suara jemaat Kolom 2 yang menggenakan kemeja batik merah langsung berdiri dari tempat duduk dan melompat kegirangan bertepuk tangan sambil memberi ucapan selamat kepada sesama anggota Paduan suara.

Diwawancara pelayan khusus (Pelsus) jemaat Kolom 2 Pnt Siske Takaendengan Mongkareng SE bersyukur atas hasil yang diraih.

"Puji Tuhan, syukur kepadanya bisa membuat kami boleh memuji dan memuliakan nama Tuhan lewat puji-pujian dalam paduan suara dengan hasil menang," ucap Siske didampingi Syamas Ny Nancy Mamesah Kodong.

Kata Siske kemanang juara 1 lomba paduan suara antar kolom yang rutin digelar setiap memperingati hari ulang tahun (HUT) jemaat GMIM Yobel jemaat kolom 2 tidak pernah absen, pada dua tahun sebelumnya paduan suara yang dibesut pelatih Julian Kruschov Binti memang hanya mampu sampai pada juara 2.

"Puji Tuhan tahun ini dengan latihan rutin, disiplin dan kekompakan serta kebersamaan penantian panjang bisa menjadi juara 1 bisa tercapai," urainya sambil memanjatkan syukur.

Terpisah ketua dewan juri Jaris Banua S.Pd menjelaskan dalam perlombaan kali ini bersama dengan dua juri lainnya memberikan catatan berisi hal-hal yang kurang dan yang lebih kepada setiap tumpukan paduan suara usai naik panggung.

"Jadi kolom-kolom yang mendapat catatan dan nilai belum capai target jangan putus asa, melalui catatan itu sifatnya mengkritik supaya berikut ada perbaikan. Apanya yang tidak bagus bukan besar atau tidak melainkan kebenaran dalam partitur lagu," jelas Jaris yang juga sebagai Ketua komisi musik Sinode GMIM.
Kata Jaris dalam paduan suara tingkat kolom memang jarang menemukan paduan suara yang mampu menyanyikan dan membawakan lagu lagu secara full atau total, seperti dalam menyanyikan lagu wajib berjudul Kami Bersyukur Padamu Tuhan dalam buku lagu Nyanyikan Nyanyian Baru Bagi Tuhan (NNBT) nomor 20.

"Ada nada-nada promatis atau setengah belum dapat atau belum tepat, namun dimaklumi karena kapasitas paduan suara Kolom," terangnya.

Lanjut Jaris yang juga menjadi satu diantara arangers NNBT 2 dalam paduan suara tingkat kolom dan paduan suara lainnya yang paling menentukan adalah jumlah penyanyi semisal suara Sopran dan Alto banyak sementara suara-suara Tenor dan Bas kurang hanya setengah dari jumlah personel Alto dan Sopran.

"Harus ada keseimbangan antara empat suara itu Sopran, Alton, Tenor dan Bas (SATB). Kalau tidak sebanding dan dipaksakan adakan menyolok sekali. Sehingga dalam lomba kali ini hanya lima kolom raih gold medal," tambahnya.

Kata dia dalam paduan suara untuk mencapai apa yang dinamakan padu syaratnya satu, yaitu perbandingan jumlah penyanyi berapa personil SATB agar out atau bunyi lagu terdengar dengar, menyanyi dengan balance dan blanding atau padu serta tidak terkesan menyanyi dengan suara masing-masing.

Yang meraih nilai tertinggi mendekiati kebenaran lagu yang dibawakan, lagu NNBT sebagai tim erenjer dibangun berkarakter nyanyian liturgi jemaat bukan kompetisi.

"Ada catatan lagu yang temponya 1/16 dan ada 1/8 dengan materi suara bagus pelatih butuh waktu olah vocal, ada pula karena waktu tidak cukup sehingga nada-nada 1/16 hanya sampai 1/8 adapula yang menurunkan satu dari nada dasar yang ditentukan," tukasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana HUT Jemaat GMIM Yobel ke 31 dr Theresia Rondonuwu Tiow mengatakan selain paduan suara ada lomba kesenian dan olahraga lainnya yang telah dilaksanakan seperti lomba bola volley mix, jalan sehat, lari bendera, lari karung, lari leper, cerdas cermat (CCA) Bapak Ibu Anak Pemuda dan Remaja (Bipra), Bintang vocalia Bipra dan kantoria.

"Puncak acaranya hari Minggu (13/9) pekan depan dalam ibadah syukur HUT jemaat di gedung gereja," tutur Treis sapaannya. sumber:manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar