Jumat, 06 November 2015

Cegah Banjir, TPB Bersihkan Saluran Induk


BITUNG - Kepedulian terhadap lingkungan sekitar dilakukan oleh Terminal peti kemas Bitung (TPB) dengan melakukan pembersian di saluran pembuangan induk tepat disamping kantor yang terletak di Kelurahan Pateten II Kecamatan Maesa, Jumat (6/11) kemarin.


"Kegiatan ini merupakan aksi sosial dari TPB untuk membersihkan saluran dari sampah yang menyumbat," tutur GM TPB Heru Bachti Fireno.

Pembersihan saluran induk langsung menuju ke laut ini dilakukan pihaknya bekerjasama dengan pemerintah Kelurahan Pateten II, masyarakat setempat dan pemerintah Kecamatan Aertembaga untuk mencegah datangnya musim hujan pasca musim kemarau.

"Harus segera dibersihkan agar tidak terjadi banjir saat hujan turun, kalau bukan kita siapa lagi," tutupnya.

Benny ST Manager Teknik Terminal Peti Kemas Bitung (TPB) mengatakan dari dalam saluran induk yang dibersihkan terdapat banyak tumpukan bermacam-macam sampah masyarakat berbagai jenis tertumpuk didalam saluran sepanjang 100 meter dan lebar 10 meter.

"Melihat pengalaman yang terjadi kami melakukan pencegahan dan antisipasi agar saat waktunya hujan akan terkendali kondisinya, karena saluran itu merupakan titik pembuangan sampah oleh masyarakat sangat dekat dengan kita kalau buntuh air yang mengalir akan berakibat banjir," terang Benny.

Dia menilai keberadaan saluran induk itu adalah saluran yang langsung menuju ke laut sehingga diharapkan masyarakat jangan buang sampah sebarangan.

Ironis memang banyak yang peduli dengan kondisi kebersihan lingkungan sementara banyak yang belum sadar dengan membuang sampah pada tempatnya. "Direncanakan membantu pemerintah setempat membuat filter dua trap namun harus diawasi agar tidak salah kaprah dan TPB siap melakukan antisipasi," tukasnya. manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar