Sabtu, 13 Februari 2016

Ratusan Wisman Tiongkok Kagumi Kota Cakalang



Pemerintah Kota Bitung gencar mempromosikan potensi pariwisata yang ada. Berbagai bentuk promosi dilakukan. Mulai dari kampanye di media sosial, membagikan bahan informasi seperti leaflet di Bandara Sam Ratulangi Manado, mengikuti pameran pariwisata hingga kerja sama dengan pengusaha agen perjalanan.

"Kami menjalin kerja sama dengan travel untuk membangun komunikasi dengan tour leader di luar negeri agar dapat bantu promosikan pariwisata di Bitung. Seperti pada tanggal 13 Februari besok (hari ini) akan kedatangan tour leader dari Filipina dan Malaysia untuk melihat potensi wisata di Bitung kemudian mengajak masyarakatnya berkunjung," tutur Rita Tumewu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomir Kreatif Bitung, Jumat (12/2).

Menurutnya angka kunjungan wisatawan ke Bitung setiap tahunnya mengalami peningkatan signifikan, tercatat sejak tahun 2012 (lihat grafis). "Di tahun 2016 saja dua bulan awal sudah tinggi kunjungannya," tambahnya.

Terpisah, Rabu (10/2), cuaca mendung ditandai rintik-rintik hujan di Bitung sedikit dicerahkan dengan kahadiran ratusan wisatawan mancanegara (wisman) asal negeri Tiongkok. Mereka tumpah ruah di Taman kesatuan bangsa (TKB).

Dari situ mereka juga menyempatkan diri berkunjung di sejumlah objek wisata di Kota Bitung.
Begitu turun dari bus pariwisata di TKB, Bitung paras cantik perempuan asal negeri Tiongkok sedikit mencerahkan cuaca mendung Bitung.

Mereka disambut Pemerintah Kota Bitung, yakni Wakil Wali Kota Max Lomban, Kadis Pariwisata dan Ekonomi kreatif Rita Tumewu, Putra-Putri Bitung, tim kesenian serta sejumlah pejabat. Para wisman ini diberi kalung bunga langsung oleh Max Lomba, disuguhi Tari Cakalang dan Tari Pato- Pato.

Li Sui Yuan, satu diantara wisatawan mancanegara asal Tiongkok mengatakan maksud kedatangan ke Bitung untuk melihat Klenteng Seng Bo Kiong dalam rangka Tahun Baru Imlek. "Kami juga mau cari tahu dan berkunjung tempat nelayan membawa hasil tangkapan mereka di laut (palelangan ikan)," ujar Li melalui penerjemah.

Sebelumnya, mereka telah mengunjungi Klenteng Seng Bo Kiong, Selat Lembeh dan tempat pelelangan ikan. Meski waktunya hanya sebentar namun ratusan wisatawan ini nampak senang bisa menginjakkan kakinya di Bitung mengunjungi tempat wisata.

"Baru pertama kali datang ke Bitung. Sangat berkesan karena penyambutan yang baik, kami senang dan tidak menduga ada sambutan seperti itu. Kami juga senang bisa melihat selat Lembeh," tukasnya.

Max Lomban berterima kasih karena masyarakat bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pengunjung di Bitung. "Kami harap agar Kota Bitung menjadi makin dikenal dan dinilai sebagai salah satu kota tujuan wisata di Sulut yang memiliki karakter tersendiri dibandingkan daerah lain," kata Lomban. manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar