Kamis, 10 Maret 2016

Pj Wali Kota Bitung 'Tunda 'Pelantikan MaMa?



BITUNG - Wali kota dan wakil wali kota Bitung terpilih Max Lomban-Maurits Mantiri (MaMa) hingga saat ini belum ada kejelasan, akibatnya muncul anggapan belum jelas dan kepastian pelantikan diduga karena kemauan Pj wali kota Bitung Jhon Palandung yang masih ingin berlama-lama disinggah sana kursi wali kota Bitung.


"Jangan-jangan pak penjabat belum mengurusnya di Kemendagri mengenai pelantikan MaMa," ujar sumber Tribun Manado yang meminta identitasnya dirahasiakan, Kamis (10/3) kemarin.

Lanjut sumber seharunya pelantikan MaMa sudah ada tanggal pastinya, karena hingga selama ini baru bulan pelaksanaan yang mengemuka yaitu Maret 2016. "Ini saja sudah bulan Maret, kenapa belum ada kepastian tanggalnya," tambahnya.

Dugaan adanya unsur kesengajaan dari Pj wali kota Bitung Jhon Palandung mengarah kepadanya, karena rumor mengatakan faktor kedekatan Palandung dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey sehingg akan mempertahankan jabatan Palandung.

"Dengar-dengar masa penjabat wali kota Bitung akan lewat bulan Maret 2016 ini," tukasnya.

Terpisah Pj wali kota Bitung Jhon Palandung ketika dikonfirmasi mengenai kabar itu, membantah. Adanya dugaan dirinya tidak memproses rencana pelantikan MaMa hanyalah isu belaka.

"Itu tidak benar. Pelantikan MaMa belum ada dari kemendagri pastinya bulan Maret ini," tutur Palandung.

Hal ini diperkuat karena dirinya bersama pemprov Sulut telah melakukan konsultasi ke Kemendagri dna diterima Ditjen Otonomi daerah yang juga mantan penjabat gubernur Sulut Soni Sumarsono.

"Kita tunggu saja pasti Bulan Maret ini," tukasnya.

Terpisah Olly Dondokambey Gubernur Sulut membenarkan pelantikan MaMa sebagai wali kota dan wakil wali kota Bitung terpilih tinggal tunggu keputusan Presiden. "Kan harus dilantik serentak dengan kepala daerah hasil pilkada serentak lainnya karena sudah merupakan instruksi. Kalau hanya Bitung saja besok saya lantik," tukas Olly saat bertandang ke Bitung beberapa hari lalu. manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar