Kamis, 30 April 2015

Guru Honorer Bitung Digaji Rp500 ribu per Bulan



Bitung – Nasib ribuan guru honorer di Kota Bitung sagat memprihatinkan. Setiap bulannya mereka hanya diupah Rp500 ribu bahkan ada yanga hanya Rp400 ribu dan hal ini sudah berlangsung secara bertahun-tahun tanpa ada upaya Pemkot untuk membantu merubah nasib gaji guru honorer.
“Honor yang diterima para tenaga pendidik ini tidak sebanding dengan tanggung jawab yang diemban, yakni mencerdaskan kehidupan anak bangsa.Gaji mereka cuma Rp500 ribu per bulan. Malah ada yang cuma Rp400 ribu,” kata salah satu anggota DPRD Kota Bitung, Victor Tatanude, Rabu (11/2/2015).

Melihat besaran gaji para guru honorer yang masuk dalam kategori Tenaga Harian Lepas (THL) itu, Tatanude mengaku sangat pesimis dunia pendidikan Kota Bitung akan maju dan berkembang. Apalagi untuk mencerdaskan anak-anak karena nasib para gurun honorer sendiri jauh dari sejahtera.
“Anak-anak kita mau pintar bagaimana jika kesejahteraan gurunya tidak terjamin. Otomatis guru-guru honorer tidak akan fokus dengan tugas mereka,” katanya.
Tatanude membandingkan para THL yang ada di tiap SKPD dengan tanggung jawab para guru honorer yang dianggapnya berbanding terbalik. Dimana para THL di SKPD setiap hari hanya ditugaskan mengantarkan surat dan foto copy namun gaji mereka mencapai Rp1 juta lebih, sedangkan para guru honorer yang tugasnya mencerdaskan hanya diupah Rp500 ribu setiap bulan.
beritamanado.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar