Kamis, 30 April 2015

Monoarfa sarankan Kota Bitung dijadikan Pusat Pelelangan Ikan Internasional



Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI bidang Perekonomian Suharso Monoarfa melakukan kunjungan kerja di Kota Bitung yang diterima langsung Wakil Walikota Bitung M. J. Lomban, M.Si bersama Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs. Edison Humiang, M.Si, Pejabat Pelindo Bitung, Pejabat SKPD Provinsi dan Pejabat SKPD Kota Bitung di Terminal Penumpang Pelabuhan Samudera Kota Bitung. Maksud Kunjungan Kerja ini untuk memantau Pelabuhan Samudera Bitung yang akan dijadikan Internasional Hub Port dan akan memberikan pertimbangan langsung kepada Presiden RI Joko Widodo.
 
Lomban menyampaikan tentang perkembangan Kota Bitung diantaranya Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus serta Pelabuhan Samudera Bitung yang akan dijadikn IHP yang akan disampaikan oleh pihak Pelindo. Ia juga menyampaikan tentang keluhan dibidang perikanan yang terganggu oleh adanya Moratorium dari  Permen Perikanan, karena 50 persen ekonomi Kota Bitung berasal dari perikanan. Dampak dari Moratorium ini yaitu kurangnya pasokan bahan mentah bagi industri perikanan akibatnya banyak buruh pabrik dirumahkan. “ Kami telah mengirim surat tentang permasalahan ini kepada Kementrian dan Presiden melalui Gubernur, “ ucap Lomban.
Monoarfa pun menanggapi masalah ini dengan meminta surat tersebut. Ia menyarankan agar mencari solusi yang terbaik untuk masalah ini. “ Kota Bitung ini sangat kaya dengan hasil lautan berupa ikan kualitas ekspor, saya sarankan kota Bitung ini dijadikan Pusat Pelelangan Ikan Internasional, “ tegasnya.

Dan ia meminta pula keseriusan serta dukungan pemerintah setempat untuk pengembangan Pelabuhan Samudera Bitung menjadi IHP dengan menambah perluasan pelabuhan agar menjadi poros pelabuhan internasional karena letaknyanya sangat strategis. sumber:humaskotabitung.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar