Sabtu, 25 April 2015

Jalur Kapal Laut Bitung-General Santos Segera Dibuka



Rute kapal laut antara Indonesia dan Filipina akan kembali dibuka. Rute tersebut nantinya akan menghubungkan antara Bitung dan General Santos.

"Rute kapal laut dengan menggunakan nantinya akan segera dibuka dengan mengunakan kapal jenis Roll on Roll of (Roro)," ujar Kepala Dinas Perhubungan dan dan Informasi dan Komunikasi (Kadishub dan Infokom) Sulawesi Utara (Sulut) Joi Oroh.


Menurutnya kapal tersebut nantinya memiliki rute Bitung, Melonguane, Miangas, dan General Santos PP. Kapal tersebut nantinya selain mengangkut penumpang, juga bisa mengangkut barang, termasuk kendaraan karena menggunakan kapal jenis Roro. "Kapal yang digunakan bernama KM Watunapato," ungkapnya.

Untuk pengoperasiannya saat ini sedang dalam proses perizinan, sebab untuk rute tersebut perlu adanya penerapan lintas batas. "Jika nantinya telah beroperasi arus barang antar kedua negara akan semakin lancar, terutama dari Bitung ke General Santos, begitu juga sebaliknya," tuturnya.

Sebelumnya beberapa tahun lalu pernah ada kapal yang melayani rute tersebut, yaitu pada tahun 1998 sampai dengan 2002. Namun demikian kapal tersebut berhenti beroperasi. "Sebab pada waktu itu kapal tersebut menggunakan subsidi pemerintah pusat," katanya. Sedangkan menurut Wakil Gubernur Sulut Djauhari Kansil mengungkapkan pembukaan transportasi antara Sulut dan kota yang ada di Filipina dimungkinkan karena memiliki kedekatan secara geografis.


"Dengan adanya kapal yang menghubungkan antara Bitung dan General Santos akan meningkatkan perdagangan antar kedua kota," tuturnya. Setelah dibuka rute kapal laut, pihaknya juga mengupayakan rute penerbangan dari Manado -Davao-Cebu dan Manila. Dengan demikian jika ingin ke Manila tidak perlu ke Jakarta, melainkan langsung dari Manado ke Filipina. "Jaraknya tidak terlalu jauh, hanya beberapa jam saja," katanya. sumber:manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar