Rabu, 06 Mei 2015

Kapal Ikan Tuna Jaya Ditangkap di Talaud



Lagi, satu kapal motor penangkap ikan yang ditumpangi nelayan asal Filipina ditangkap KM Macan Tutul 001 di perairan dekat Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Minggu (12/4/2015) siang.

Menurut Kepala Pangkalan Pengawasan Sumber Daya
Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Bitung, Pung Nugroho Saksono APi MM, kapal tersebut tidak mengantongi dokumen untuk berlayar dan m,encari ikan di laut Indonesia. Lagi pula, kapal tersebut mengelabui dengan menggunakan bendera Indonesia.

“Penangkapan terhadap kapal pamboat KM Tuna Jaya 03 7 GT (gross tonnage) pada hari Minggu siang sekitar pukul 12.45 WITA, di perairan dekat Kabupaten Talaud," tutur Saksono Selasa (14/4/2014).

Sepuluh kru digiring ke Dermaga Pangkalan PSDKP Bitung di Kelurahan Aertembaga, Kecamatan Aertembaga Bitung untuk diamankan dan dilakukan pemeriksaan lanjut oleh penyidik PSDKP.

"Yang tangkap KM Macan Tutul 001, tiba di pangkalan PSDKP Selasa (14/4) siang," tukasnya.

Sementara itu, kapten Kapal KM Tuna Jaya 03, Abadi Laitoma bersikeras kapalnya tidak masuk dalam kategori kapal asing, dia menyakinkan kapal itu milik Indonesia dengan berdalih milik seorang polisi yang bertugas di Kabupaten Talaud. "Kapal ini punya komandan polisi di Melonguane Ibu kota Kabupaten Talaud," kata Abadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar