Senin, 25 Mei 2015

Dua Eks Gafatar “Transit” di Polres Bitung



Bitung – Polres Bitung “mengamankan” dua mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Dua eks Gafatar dengan inisial JH alias Juner (22) dan OS alis Olbert (26) datang bersama Kabid Bina Ideologi dan Wasbang Kabupaten Kutai Barat, Suwito.
Menurut Kasat Intel Polres Bitung, AKP Deky Pangandaheng, kedua eks Gafatar itu hanya transit di Kota Bitung sebelum dipulangkan ke Ternate.

“Mereka bukan kita amankan atau ditahan, tapi Pemkab Kutai Barat hanya menitipkan sementara sambil menunggu kapal menuju Ternate,” kata Deky.
Deky menjelaskan, kedua eks Gafatar itu tiba di Bandara Sam Ratulangi dari Bandara Balik Papan, Selasa (23/2/2014). Kemudian menuju Kota Bitung dengan alasan salah satu dari mereka memiliki kerabat yang tinggal di Perumahan Citra Anugrah Lingkungan 1 RT 06 Kelurahan Manembo-nembo.
“Hari ini, mereka rencananya akan pulang menggunakan KM Dolosi tujuan Teenate yang memang menjadi kampung halaman mereka,” katanya.
Sowito sendiri mengatakan, dirinya mendapat tugas dari Pemkab Kutai Barat untuk mengatar Juner dan Olbert ke kampung halamannya. Mengingat, Pemkab Kutai Barat memerintahkan semua anggota Gafatar untuk dipulangkan ke kampung halam masing-masing.
“Sebelum dipulangkan, mereka semua telah diberi pembinaan di penampungan. Dan kebetulan saya mendapat tugas untuk memulangkan dua orang ini ke Ternate.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar