Selasa, 31 Mei 2016

MM Letakkan Batu Pertama Pembangunan IPAL Komunal di Mawali



BITUNG - Memperingati Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ( BBGRM ) XIII dan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ( HKG-PKK ) ke-44, Wakil Walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri, meletakkan batu pertama pembangunan IPAL Komunal di kelurahan Mawali kecamatan Lembe Utara, Senin (30/5). Saat itu, MM sapaan akrab Mantiri, didampingi pula oleh Kadis PU, Rudi Theno, BABENSA dan juga Kapolsek Lembeh Utara, yang juga turut ambil bagian meletakkan batu pertama.

Pembangunan IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah, jelasnya, merupakan proyek Dinas PU Pusat yang juknisnya dianggarkan di APBD Kota Bitung.
Dalam sambutannya, MM mengharapkan agar masyarakat Mawali bisa merasa lebih mudah dalam hal Pengolahan Air Limbah dan memanfaatkan dengan baik fasilitas ini. ”Selain mencegah tercemarnya air tanah, air limbahnya juga bisa untuk pupuk tanaman,” ujarnya.
Ditambahkannya, kedepan proyek ini juga bisa digunakan untuk menampung gas yang berasal dari Air, besarnya 100 keluarga dan disalurkan kembali ke rumah-rumah penduduk yang ada di Mawali ini. ”Dan contoh yang telah berhasil bapak ibu boleh lihat di TPA Aertembaga yang telah berhasil menampung Air limbahnya dan disalurkan dalam bentuk gas ke rumah-rumah dengan gratis. Sudah tidak perlu lagi beli gas untuk keperluan rumah tangga,” jelasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan kepada warga yang hadir kususnya kepada IKM ( Indutri Kecil Menengah), dalam ruangan kelas SD Mawali. ”Suatu Negara dikatakan berhasil kalau IKM-nya berhasil, otomatis Kesejahteraan suatu negara ikut berhasil,” tegasnya.

Menurutnya, sesuai arahan Presiden RI bahwa setiap daerah harus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Untuk itu, kami harap agar masyarakat Mawali bisa menjadi IKM yang mandiri, bisa berdaya saing dan maju untuk Kota Bitung,” pungkasnya. manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar