Selasa, 17 Mei 2016

BNN Tes Urin Puluhan Pejabat Pemkot dan DPRD Bitung

BITUNG - Puluhan pejabat esalon II dan III pemerintah Kota Bitung di 'sekap' tidak keluar dari ruang rapat paripurna gedung A DPRD Bitung, usai pelaksanaan rapat paripurna DPRD Kota Bitung dalam rangka Penyampaian Keputusan DPRD Kota Bitung tentang Hasil Reses Masa Persidangan Kedua Tahun Kedua Tahun Sidang 2015-2016 dan Penutupan Masa Persidangan Kedua serta Pembukaan Masa Persidangan Ketiga Tahun Kedua Tahun Sidang 2016, Senin (16/5).


"Ngapain takut, kan memang tidak konsumsi itu meski harus diperiksa mendadak seperti ini," tutur Camat Maesa Stella Mangkey usai tes urin, Senin kemarin. Kombes Pol Sumirat Dwiyanto kepala BNN Provinsi Sulut mengatakan pemeriksaan urin kepada para pejabat di lingkungan pemko Bitung berdasarkan instruksi Meteri PAN RB.
"Aparatur sipil negara (ASN) wajib tes urin, apabila sekarang hanya pimpinan dan pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) kedepan sesuai edaran meteri pan seluru ASN," tutur Sumirat.

Dalam tes urin kemarin para pejabat mengisi formilir surat persetujuan pemeriksaan urin, riwayat penggunaan obat dalam waktu dua Minggu ada yang diminum baik obat batuk flu kolesterol obat kuat jamu herbal ditulis. "Siapa tau itu ada mengandung amfetamin, obat pelangsing dan obat kuat mengandung amfetamin atau zat yang dilarang," tambahnya. Dalam tes kemarin mendapat pengawasan ketat oleh petugas wanita untuk pejabat wanita dan petugas pria awasi pejabat pria.
Pemerintah Kota Bitung ke sembilan dari seluruh Kabupaten Kota se Sulut.

"Dari sembilan daerah yang di tes ada pejabat yang positif tapi setelah ditelusuri lebih lanjut konsumsi obat dengan resep dokter dan aturan dokter, setelah dilakukan asessment lebih dulu siapa yang beri dan beli dimana jangan sampai ada dokter yang sengaja memberikan obat yang mengandung Narkoba," terangnya.

Ditempat terpisah Wali kota Bitung Max Lomban dan wakil walikota Maurits Mantiri melakukan tes urin di usai para pejabat di ruang kerjanya di kantor walikota Bitung. "Pak wali dan wakil hasil tes urinnya negatif," kata Erwin Kontu Kabag Humas pemko Bitung. Dr Tommy Sumampouw kepada Badan narkotika Kota Bitung mengatakan total yang mengikuti tes urin kemarin 56 pejabat pemkot Bitung dan dua anggota DPRD Bitung. "57 negatif satu pejabat postif, karena pejabat itu mengkonsumsi obat scara rutin dibuktikan dengan resep dari dokter," jelas Tommy. manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar