Minggu, 15 Mei 2016

BLLC Bukan Lagi di Bawah Naungan ITB



Akademi komunitas atau Bitung Logistic College Comunity (BLCC) di Kota Bitung sempat dirundung persoalan.

Pemerintah pusat mengeluarkan edaran pembinaan akademi ini bukan lagi dibawah naungan Institut Teknologi Bogor (ITB).

"Dalam edaran tersebut BLCC bakal dibina oleh Politeknik Negeri Samarinda (Polnas)," ujar Max Lomban walikota Bitung, Sabtu (14/5) kemarin. Kabar ini disampaikan Lomban usai melakukan pertemuan dengan pihak politeknik samarinda, BLCC dan mahasiswa pada pada Jumat kemarin. Walikota mengakui informasi ini memang ada keterlambatan, bukan karena pemerintah namun aturan dari pusat.

"Kenapa bukan lagi ITB yang menjadi perguruan tinggi pembina karena 2 bulan setelah berdiri BLCC, ITB menjadi Perguruan tinggi berbadan hukum sehingga tidak bisa lagi mendapat dana dari APBN," jelasnya. Dengan adanya aturan ini membuat langkah BLCC sempat tersendat, namun dengan ditunjuknya Polnes sebagai pembina, BLCC bisa bernapas lega.

"Akademi logistik ini akan mendapatkan kucuran dana sebesar Rp 3, 3 miliaar sebagai biaya operasionalnya. Dengan begitu tidak ada lagi persoalan soal pengoperasian BLCC yang selama ini memang tidak pernah menerima dana APBN," tukasnya.

Sementara wakil direktur bidang kerjasama dan pengembangan Alwathan, mengatakan jika memang dari 24 perguruan tinggi serupa ada beberapa yang sudah bubar.

"Kenapa bubar karena daerah yang tidak siap, namun di Bitung semuanya siap, namun sistim di pemerintah pusatlah yang salah sehingga tersendap seperti ini, namun dengan begini semuanya bisa berjalan dengan baik," jelas Alwathan.

Terpisah Direktur BLCC Hermanus Bawuwo enggan berkomentar dengan peralihan pembinaan BLCC dari ITB ke Polnas. "Saya no comment, karena itu kewenangan pusat, kementrian Ristek Dikti," kata Bawuwo singkat.

Namun dia tetap bersyukur akademi yang bakal menjadi penyuplai tenaga siap pakai untuk kawasan ekonomi khusus (KEK) masih ada on the track lagi kedepan. "Syukur pemerintah tidak tutup akademi ini," tandasnya. manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar