Senin, 30 Mei 2016

Pemkot Bitung Raih WTP Kelima Kalinya



BITUNG - Mengiringi triwulan pertama kepemimpinan MAMA (Max Lomban - Maurits Mantiri) di Kota Bitung, prestasi kembali diukir dengan penghargaan. Kali ini, untuk kelima kalinya berturut-turut Pemerintah Kota Bitung meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).
 
Penghargaan WTP Ini diserahkan oleh langsung oleh Kepala BPK RI perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, Endang Tuti Kardiani dan diterima Walikota Bitung Maximiliaan di Aula kantor BPK-RI Perwakilan Provinsi Sulut, Senin (30/5). Lomban sendiri didampingi Wakil Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, Ketua DPRD Kota Bitung, Laurensius Supit dan jajaran Pemkot Bitung. 

Dalam sambutannya, Lomban menyampaikan ungkapan terima kasih dan apresiasi Kepada BPK yang telah berkontribusi positif terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan, sehingga Kota Bitung mampu meraih gelar WTP kelima kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2011.

Menurutnya, hasil pemeriksaan tersebut hampir semua dilakukan sudah sesuai dengan prosedur standar akutansi berbasis akrual. Dimana, pemeriksaan dilakukan pada Neraca, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Arus Kas, dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK)  Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih. ”Hanya saja, ada beberapa rekomendasi yang harus kita lebih perbaiki lagi,” ujarnya.

Ditambahkannya, perolehan opini WTP kelima dari BPK terhadap laporan hasil pemeriksaan Pemkot Bitung tahun 2015 ini, murni didasarkan pada upaya pemerintah Kota Bitung untuk terus memperbaiki dan semaksimal mungkin meminmalisir kesalahan yang terjadi pada tahun sebelumnya lewat bimbimgan dan arahan dari pihak BPK, serta ditunjang dengan konsistensi dari segenap SKPD dalam menata kelola keuangan APBD.

Terkait dengan batas waktu 60 hari yang diberikan BPK terkait catatan rekomendasi atas hasil pemeriksaan LHP Kota Bitung tahun 2015, jelasnya, waktu tersebut cukup untuk merealisasikannya. Untuk itu, Lomban berjanji catatan rekomendasi tahun ini tidak akan terulang di tahun depan. ”Hal ini adalah komitmen Pemkot Bitung untuk terus mempertahankan prestasi yang selama ini diraih bahkan terus ditingkatkan guna terwujudnya pengelolaan keuangan yang berkualitas di Kota Bitung,” pungkasnya.  manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar