Selasa, 24 Mei 2016

Rayon Bitung Tuan Rumah HUT Pekabaran Injil



Rayon Bitung dipercayakan menjadi tuan dan nyonya rumah pelaksanaan hari ulang tahun (HUT) ke 185 Pekabaran Injil (PI) dan Pendidikan Kristen serta HUT ke 82 GMIM Bersinode yang akan berlangsung mulai bulan Juni hingga September 2016.

"Dua kegiatan akbar GMIM di Kota Bitung akan diisi dengan berbagai kegiata," jelas Sekretaris umum Panitia pelaksana Pdt Vivi Lousan Rompas disela-sela pelaksanaan Technical Meeting di gedung Balai pertemuan umum (BPU) kantor walikota Bitung, Selasa (24/5) kemarin.


Dijelaskannya untuk kegiatan-kegiatan tersebut akan mulai pada Rabu 1 Juni 2016 dengan Ibadah Pembukaan serta Konven Misi se Sinode GMIM di Christian Development Centre (CDC) Bitung, tanggal 2-5 Juni 2016 seminar dengan topik 'Dilema Politik Gereja Masa Kini' di GMIN Sentrum Bitung, Sabtu 4 Juni Napak Tilas Ziarah ke Makam Para Misionars.

"Untuk Napak tilas ini dibagi dua wilayah, wilayah 1 Bitung, Minut, Manado dan Minahasa finish di Langowan, wilayah 2 Tomohon, Minsel, Mitra finish di Kumelembuay," jelas Vivi.

Berlanjut pada Jumat 10 Juni Seminar Pendidikan di BPU Kantor walikota Bitung, Selasa 14 Juni Ibadah HUT PI Se Sinode GMIM lapangan kantor walikota, 16 Juni ibadah dan pawai sekolah-sekolah GMIM se Rayon Bitung lapangan kantor walikota dan lapangan Maesa, Jumat 23 September seminar GMIM bersinode menjelang HUT ke 100 tempat BPU/Ruang sidang DPRD Bitung.

Lomba Paduan suara Pelsus antar wilayah se Sinode GMIM Senin sampai Rabu (26-26 September) di BPU Kantor walikota Bitung, lomba musik band Rohani Pemuda GMIM Senin sampai Rabu tanggal yang sama di Lapangan Maesa.

Tari Kreatif Remaja GMIM hari yang sama di lapangan Maesa, Lomba MEBIG anak sekolah Minggu GMIM gerak dan lagu gedung DPRD Bitung, lomba busana lansia 26-28 septembter di gasebo lapangan kantor walikota.

Menariknya saat sesi dialog muncul usulah dari para Pendeta dan ketua-ketua wilayah mengenai kegiatan Lomba bisana lansia.

"Menurut kami busana gereja untuk pemuda dan remaja saja karena penampilan lansia sudah rapih ke gereja persoalannya lomba ini harus membawa danpak dalam kehidupan pelayanan setiap hari, untuk lansia lomba kesenian saja," ujar seorang pendeta saat memberikan masukan.

Adapun untuk puncak pelaksanaan HUT GMIM bersinode akan berlangsung pada Jumat 30 September di stadion Duasudara, dilanjutkan dengan pawai natar wilayah dari lapangan duasudara Birung finish depan Gereja GMIM Sentrum Bitung.

Anggota seksi perlombaan panitia pelaksana Frans Bato menerangkan setelah sekian banyak usulan saran kritik dan tanggapan dari para peserta panitia pelaksanan tetap mengacu pada buku panduan pelaksanaan lomba yang telah disebar kepada seluruh wilayah GMIM.

"Yang berubah hanya waktu pelaksanaan Paduan suara Pelayan khusus (pelsus) se wilayah GMIM dari tanggal 26 sampai 28 September menjadi 23 sampai 25 September," jelas Frans usai meething.

Hadir dalam pelaksanaan technichal meeting kemarin sekretaris Badan pekerja sinode (BPMS) GMIM Pdt DR Hendrey Runtuwene, wakil ketua bidang hubungan kerjasama Pdt DR Hein Arina, wakil ketua bidang APP Arthur Rumengan dan wakil sekretaris bidang hukum dan aset Pnt Jonly Wendur.

"Ini kegiatan yang sangat besar, sebelumnya terpisah karena besar HUT PI dan HUT GMIM Bersinode tapi dua tahun lalu dipercayakan oleh 1 pantia. Oleh karena itu jemaat dan wilayah dukung sepenuhnya kerja panitia dalam topangan doa dimampukan laksanakan tugas ini," kata Runtuwene.

Dia meminta kepada Panitia pelaksanan agar perhatikan input atau masukkan dari peserta, banyak hal yang baik yang belum terakomidir dalam buku panduan silakan panitia respons apa yang disampaikan peserta tolong diakomodir masuk-masukkan kepada Panitia.

"Pesan kepada pantia kiranya pelaksanaan kegiatan hendak sesuai dengan tema agar semua mengarah kepada tema kegiatan yang dilakukan," tegasnya.

Dia berharap setiap pelaksanaan kegiatan sinodal harus mangacu pada tema kegiatan agar berwarna dan jelas sehingga dengan adanya agenda ini bisa menjadi agenda gereja di regional dan agenda Nasional. "Agar orang berbondong datang ke HUT PI dan HUT GMIM Bersinode orang akan berbondong datang ke daerah kita," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar