Minggu, 29 Mei 2016

KKP Bitung Bersama Dinkes Bolmong Lakukan Fogging



Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti kepada manusia.

Adanya kasus DBD di wilayah Pelabuhan Uki, Kecamatan Lolak, Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bitung melaksanakan
kegiatan Pengendalian DBD terintegrasi, Sabtu (28/5).

Kasie Bina Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Wiyono SST berkata selain karena sudah ada 1 kasus DBD di Desa Labuan Uki, ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di wilayah pelabuhan perimeter dan wilayah buffer luar atau sekitar areal pelabuhan.

"Labuan Uki 1 kasus dan Kecamatan Lolak 5 kasus sehingga perlu diwaspadai," terang Wiyono.

Kegiatan yang dilaksanakan adalah penyelidikan epidemiologi tentang penyakit DBD, fogging di lokasi penderita DBD dan di areal pelabuhan, penyuluhan kepada masyarakat, deteksi dini penyakit tidak menular dan pelayanan pengobatan pada masyarakat sekitar pelabuhan.

Lanjut Wiyono, kegiatannya ini terlaksana atas koordinasi antara Dinkes Bolmong melalui Kasie Bina P2P penyakit dengan kepala seksi pengendalian resiko lingkungan dan kesehatan lintas wilayah Kantor Kesehatan Pelabuhan Bitung dr.Pinkan Pijoh MPHM yang langsung memimpin kegiatan tersebut.

Kegiatan ini disambut baik oleh warga setempat atas pelayanan kesehatan dan pengendalian penyakit yang di tularkan oleh nyamuk dan penyakit lain akibat lingkungan yang kurang baik.

Kantor KKP Bitung tidak tanggung tanggung mengerahkan personel d dua seksi tersebut sebanyak 17 orang, selain itu juga dibackup dari puskesmas Lolak dan dinkes Bolmong.

Kegiatan sangat baik karena terbentuk dalam wadah integrasi lintas program sehingga sangat efisien dan saling menguntungkan dari kedua belah pihak, serta masyarakat juga diuntungkan.

Fahjri Bohang satu diantara warga Labuan Uki menyambut baik kegiatan ini dan berharap kedepan dapat dilaksanakan kembali. "Memang penyakit DBD yang berbahaya dan perlu penanganan serius dari instansi terkait bersama kami masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar," terangnya. manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar