Jumat, 19 Agustus 2016

Selamatkan Terumbu Karang



BITUNG - Tujuan dilaksanakannya transplantasi terumbu karang antara lain untuk mempertahankan keutuhan dan keberlanjutan hidup terumbu karang yang merupakan hunian berbagai jenis biota laut, serta memaksimalkan fungsi Terumbu Karang. ”Karena Terumbu Karang merupakan tempat berkembang biak ikan, juga berfungsi sebagai pemecah ombak,” demikian ujar Walikota Bitung, Maximiliaan Jonas Lomban,SE,M.Si, saat membuka kegiatan Transplantasi Terumbu Karang, di Kelurahan Posokan, Lembeh Utara, Kamis(18/8).


Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kota Bitung dengan Kementerian Lingkungan Hidup. Sementara, Lomban sendiri didampingi Ketua POSSI Kota Bitung, Dra. Ny Khouni Lomban-Rawung,M.Si dan Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut Kementrian Lingkungan Hidup RI, Januar. Turut hadir Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Bitung, Kadis Perikanan dan Kelautan Kota Bitung, tokoh pemuda dan masyarakat, serta instansi terkait lainnya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Bitung telah menetapkan 10.000 Ha kawasan konservasi untuk dijadikan rumah ikan, pada beberapa lokasi di Kota Bitung. ”Kedepannya akan ditetapkan lokasi Diving, tempat memancing bagi para nelayan, serta lokasi yang terumbu karang, sehingga ada sinkronisasi pertumbuhan ekonomi perikanan dan pariwisata di Kota Bitung,” tegasnya.

Untuk melestarikan terumbu karang, jelasnya, harus ada kerja sama antara seluruh masyarakat Kota Bitung, khususnya lokasi pesisir. Bahkan, Lomban juga menegaskan agar masalah ini disosialisasikan juga kepada para siswa di sekolah-sekolah, sehingga mereka memahami arti penting keberadaan terumbu karang bagi ekosistem laut.

Terpisah, Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut Kementrian Lingkungan Hidup RI, Januar, mengatakan kegiatan ini merupakan rencana kerja tahunan dari kementrian Lingkungan Hidup RI. Dimana, diharapkan bisa memaksimalkan fungsi terumbu karang dan melestarikannya. ”Ini agenda tahunan Kementrian Lingkungan Hidup. Setelah melakukan observasi, kami menetapkan Kota Bitung untuk pelaksanaan kegiatan ini, tepatnya di pesisir pantai Kelurahan Posokan,” pungkasnya. manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar